Hari-hari di akhir Maret

By Nayla Nuha - Maret 31, 2012

Rabu, 28 Maret 2012

Sepertinya, deadline rencana saya bikin komik gagal -__-" sebenarnya saya gaenak sama ka Dian yang udah optimis dan kayanya bahagia banget saya mau ikut lomba komiknya.. >.<

Kenapa gajadi nay? yayaya... saya saya... belum menyelesaikan gambarnya, saya tiba-tiba menjadi sibuk. dan dan-- #banyakalasan

Pagi itu, saya tiba-tiba pengen banget dosen Filsafat Ilmu ga masuk. Eh~ jeng jeng pas nyampe kampus, dosennya memang ga ada. Tapi Presentasi tetap jalan... aaaaa~  dan minggu depan itu kelompok sayaa >.< #stress

Bahasa Inggris presntasi, kedapetan giliran ketiga. Lancarlah... saya paling suka slide pertama, slidenya yang saya bikin :) warna pink, lucu~ #ehkojadisukapink? -.-?

Habis itu siangnya ngapain ya? kok lupa -.- oh iyaaa~ karena BEM divisi Rohis mau ngadain acara seminar yang dadakan banget itu, saya biantu2 Zakiyyah, dia jadi sekertaris. Bikin-bikin surat, ya saya amat senang bantu teman-teman seperjuangan ini ^^ udah gitu, saya kan laper tuh ya, ada orang yang beli makan ga bilang-bilang. Eh~ ama Zakiyyah malah dibagi makanannya >.< yah yah padahal saya gamau tuh, sebenernya maunya dikasih semua #dilemparpintu

Terus terus, akhirnya bikin-bikin surat itu selesai :) pas pelajaran estetika saya ga ngantuk, lama-lama semakin gaje pembahasan. Seinget saya ini memang bahas sastra-sastra gitu, tapi entah kenapa males banget ya liat presentasi kelompok itu. well, saya ngantuk dan mulai merem-merem diakhir pelajaran. Sebelumnya kayanya saya corat-coret buku baru dengan sistematik, nah kan tumben?

selesai pelajaran, kita rapaat.. rapat acara seminar itu. Ketuanya adalah Faisal, sekertarisnya Zakiyyah sama Tika. Saya? saya biaasalah jadi HPD. Sebenarnya HPD itu musti udah bikin banner. Tapi... tapi.. yah akhirnya malam kamis banner diserahkan ke saya, saya lagi kan .. kan..

Selesai rapat, karena surat udah selesai semua. Rapatnya amat sangat rumit, yang ikutan nimbrung yaa itu itu lagi. Saya sama Jeki kedapetan bagian di FBS, dan yang lain.. yayaa ada yang benar membagikan ada yang asalan saja..

Pulang pulang... sore lagi. Soalnya, akhirnya ada temen yang curhat lagi, dan sepertinya keberanian untuk memperbaiki ukhuwah sudah terlaksana. Yap bersikaplah dewasa! Jangan ada yang disembunyikan jika ndak suka :)


Kamis, 29 Maret 2012
EAGLE AWARDS



hari ini saya datang lebih awal, mau minta logo ISID Gontor untuk di banner. Dan~ saya ikutan RIAD SHOW EAGLE AWARDS! Bayangkan betapa senangnya saya ketika dapet sms dari Nuraniku UNJ yang ngasih tau kalau ada Road Show Eagle Awards. Yap! mahasiswa UNJ, bahkan FBS, bahkan JBSA, bahkan kelas saya, banyak yang gatau -___- mereka nontonnya apasih? #digampar.

pas dapat sms itu, saya langsung daftar :D dan sebenarnya ingin ngajak teman-teman yang lain. Tapi, kayanya ga pada mau ikutan, karena karena ... itu bikin bolos pelajaran hahaha. Ini road show gratis, tapi ternyata yang minat juga banyak. Soalnya acaranya umum. Semua mahasiswa luar univ juga boleh ikutan :)

Tapi ya ada sedikit kecewa saya, ketika saya kesana tidak benar-benar bersama orang yang niat. aduh nay kenapa seperti ini sih? Tapi saya juga amat mohon maaf banget, saya belum mengerti keadaan seseorang >.< saya ini kadang-kadang memang bodoh. Egois pula lagi...

Yap acara eagle awards saya duduk di barisan kedua, tadinya mau duduk di depan, tapi untungnya engga. Karena kursi depan khusus untuk pembicara atau bintang tamunya.

Di acara itu, kita nonton 5 film pemenang Eagle Awards 2011 yang temanya "Bagimu Indonesia"
Film pertama yang ditayangin adalah :

"Mutiara di Pesisir Pantai"
Film dokumenter tentang penduduk di timur sana... daerah Ipaya, Papua. Yang tradisinya masih amat sangat kuat dan keterbukaan masyarakat masih kurang. Ini tentang kesehatan. Disana, di pelosok Indonesia amat sangat luput perhatian pemerintah. Pemerintah banyak yang makan gaji buta untuk di tugaskan disana. Dulu, amat banyak sekali angka kematian bayi dan ibu. Karena penyakit, karena mereka tidak mengerti untuk menyelesaikan penyakit dan kebersihan.

Yap, sekarang... sudah ada 'mereka' orang-orang yang rela mengabdikan dirinya di daerah pelosok sana. Angka kematian sudah menurun, meski pemerintah sebetulnya masih harus berbuat banyak untuk mereka.

Saya amat terkesan sama film ini. Karena amat susah loh adaptasi sama masyrakat daerah begini. Wah, pasti kendalanya amat sangat banyak~


yang kedua,
"Garamku Tak Asin Lagi"

Film ini tentang penduduk di barat sana, Daerah Sumatera. Yang dimana disana banyak yang berprofesi sebagai penjual garam. Yap, ini juga miris sekali. Garam produksi Indonesia tidak lagi laku dipasaran, dan dikalahkan oleh garam-garam Import. Lagi-lagi ini juga kurangnya perhatian Indonesia. Begitu banyak pekerjaan yang dilupakan, diremehkan.. dan luput dari perhatian masyarakat.

yang ketiga,
"Hutanku, Sekolahku"
Film dokumenter yang masih ada di bagian barat Indonesia. Mentawai. Di kedalaman hutan ini, di mana pendidikan tidak menjadi bagian utama untuk anak-anak, ya karena siapa sih yang mau jauh-jauh ke hutan ini, mengajarkan, atau mendirikan sekolah?

Masa depan negeri kita, ada di tangan anak-anak bangsa sekarang. Yap, ini tentang ketulusan pengorbanan 'mereka' lagi, mereka tanpa pamrih mau mengajarkan anak-anak belajar. Di suasana hutan seperti itu. Yang juga luput dari perhatian pemerintah. Pemerintah di kota sana, dibuk bkin sekolah RSBI. Nah, disini, daerah terpencil ini, malah belum ada yang duduk di bangku sekolah. Amat miris kan... Yap saya juga suka film ini... betapa ketulusan pengajar dan kebahagiaan anak-anak ini amat sangat indah :')

yang keempat.
Adreus, Timor Lorosae

Tentang daerah timur Timor, yang sudah misah dari Indonesia. Yap, beliau terpisah daerah dengan anaknya. Karena apa.. karena beliau lebih bangga jadi orang Indonesia ketimbang orang Timur Timor. Yang mengesankan, adalah ucapannya.
"Orang Amerika bisa bilang, Im American, dan saya bisa bilang, Saya Orang Indonesia"
Betapa dia amat bangga terhadap negaranya, dan dia juga amat tahu kondisi negeri kita yang sudah bobrok ini.

yang terakhir,
jeng jeng...
"Presiden Republik Abu-abu"

Nah ini yang paling ditunggu para penonton UNJ. Karena film terakhir ini, adalah film yang dimenangkan oleh mahasiswa UNJ. Subhanallah, saya ada di UNJ, dan Eagle Awards ada di UNJ! saya amat bersyukur, diberi banyak jalan kemudahan untuk cita-cita saya :D

Film ini, di Jakarta! yap mengangkat masalah kependudukan yang 'Gray Area' yang ga punya RT RW karena tanahnya dianggap Illegal. dan dianggap pakai tanah perusahaan. Wow, ternyata masalah ini masih belum banyak yang tahu. Di Jakarta loh, satu sisi kota yang dianggap metropolitan. Ehm saya juga berpikiran seperti itu. Jakarta metropolitan? hanya di sebagian daerah saja, yang lainnya tetap terpinggirkan.. Tidak diperhatikan. Apa yang kalian banggakan tentang Kota Metropolitan ini? kemewahannya? yap kemewahan di bawah kemiskinan.

Daerah itu punya presiden, Namanya Bang Ricardo. kok presiden? Yap, dialah yang ngurusin semua urusan warga. Dari berobat sampai bikin-bikin KTP. Tahukah? begitu susahnya masayrakat mereka kalau mau berobat ke Pukesmas. Apalagi rumah sakit, jangan kira Jakarta penuh dengan orang-orang kaya, mereka banyak yang gak mampu. Punya tempat tinggal pun alhamdulilah.. >.<

Semua masyarakat mengandalkan bang Ricardo untuk menangani segala urusan. Yap Bang ricardo dapat apa? dia tulus membantu masyarakat :) katanya dia sudah amat senang sekali kalau bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya, dia senang mendengar mereka berterima kasih.

Yap. inilah, inilah positif yang amat saya suka, Film Dokumenter mengangkat banyak masalah-masalah yang tadinya tidak terlihat jadi terlihat :) ini amat sangat kreatif bukan?

Setelah nonton kita ada diskusi. Bareng pemenang Eagle Awards dari UNJ, sama metro tv, sama rektor IKJ dan sama Pak Sutopo ketua penanggulangan Bencana.

Ternyata Indonesia sekarang udah punya 13 jenis bencana. saya ampe kaget dengernya... wuaa banyak amat~

Saya jadi ingat pertama kali nyoba bikin Film Dokumenter sama Intan dan Nurul. Hahaha kita jalan-jalan di bogor yang panas. Ujan-ujan survei, sampai kemaleman, bikin film yang seeeet~ akhirnya selesai sebagian :)

Dan pelajaran yang saya dapat dari acara ini adalah, pentingnya survei, pentingnya pengamatan bahwa apakah objek yang akan kita angkat dia jujur atau tidak. dan saya lupa nanya, bagaimana kalau objeknya adalah seorang anak kecil? karena waktu itu objek kita memang anak kecil, yang masih malu-malu diajak main... kita sampe ikut dia jualan koran di jalanan loh..

dan... mulai sekarang, kita memang harus peka dengan apa yang kita temui. Di sini, negeri kita sendiri. Ayo Nay kamu pasti bisa ^^

Satu hal lagi, masih banyak dari kita yang masih mementingkan urusannya sendiri. Tidak bercermin, tidak melihat bagaimana mereka. Kita masih lebih baik dari mereka. Tapi, kita masih sibuk dengan urusan kita sendiri. urusan yang kadang tidak penting untuk dipikirkan. Urusan yang banyak menyita waktu menjadi sia-sia. Kita mengatakan kita adalah penerus bangsa, Tapi dimana sisi pengorbanannya? kita masih buta dengan segala peristiwa. Kita masih buta untuk melihat, mereka disana. mereka bahkan tidak pernah terpikirkan untuk memikirkan hal-hal seperti kita yang ... ah ya, begitulah #hahahagajelasdah

Kita masih ingin dimengerti, tapi tidak pernah mencoba mengerti keadaan negeri. Kita masih ingin diperhatikan, tapi memperhatikan sekitar yang lebih penting saja tidak. Ah ya, ini objeknya baru mahluk hidup loh, sesama manusia. Bagaimana peduli kita pada DIA? Sang Maha Kuasa, yang masih memberikan nikmat detik ini untuk menghirup? merasa, bahkan menanti senja di sore ini?


eh iya selesai acara sore, saya belum dapat sertifikat -_- dan entah kenapa saya menjadi merasa tidak suka sama orang yang maunya gratisan saja, niatnya begitu. eh, wallahualam, saya sih terserah pribadi masing-masinglah.. Tapi saya senang, saya amat sangat bersemangat selesai acara.

Pulangnya malem lagi, ke warnet sampai jam 8 ngirim banner untuk dicetak. Dan, tiba-tiba ituloh saya merasa belum bisa menyemangati orang, pun saya menjadi tidak semangat.

Pulang jam 8 sendirian itu amat menyeramkan. Entahlah...
Saya masa akhirnya nangis huahuaahua~ saya begitu lelah, saya begitu tidak berguna, saya begitu bodoh harus menangis. Kadang ingin sekali ada yang menyemangati... Tapi mulailah dari diri sndiri. Tapi saat itu saya tidak bisa, kadang memang butuh orang lain..

Jumat, 30 Maret 2012
Susahnya Mencari Sesuap Nasi

kok ya jadi malas cerita.. hahahaa

Ini akhirnya hari yang ditunggu2, acara seminar. Pagi-pagi udah ribet karena ternyata banner ga bisa diantar. ah sebel... sudah 2 kali kesalahan ini terulang. Jangan hari jumat! Karena jumat itu kakaknya suka gabisa nganter ke kampus >.<

dan dan.. bannernya itu yang udah saya bikin, yang udah dicetak salah -__- cari akal gimana biar bbisa nambahin itu pembicara. jeng jeng jalan dong akal~ akhirnya saya ngeprint 6 lembar tulisan gede-gede dan ga ada double tipe.. pake solatip biasa, diakalin dan jadi!

saya udah tenang tuh ya... tapi jeng jeng pas mau shalat. ada yang nelpon... nyuruh balik ke aula perpus segara. eh bannernya salah juga. Aduh ini ga ada orang selain saya apa ya yang bantu -__-" kesel dan dan.. sebel..

Ini pantia gimana ya, kok ketuanya yang suka jalan ngurusin ini -itu sendiri. Huaaa miris kan liatnya, harusnya kan mereka kerja. kok malah cuma ngomel-ngomel riweuh sorangan -___-

akhirnya ini acara berjalan... jeng jeng... harusnya kamu duduk sebelah saya aja terus. hahaha #apadah..

udah deh ya gausah diceritain apa-apa lagi, saya cape yeuh nulisnya. Yang pasti Alhamdulillah acaranya selesai dengan baik, walaupun tetap saja yangngurusin banyak ya hanya kita-kita. Ga apa-apalah :) kita musti jadi yang terbaik! ya kaan?

Yap, saya rasa, kamu sudah cukup berhasil! Semuanya bisa teratasi ya kan.. tapi maaf jika saya belum bisa melakukan yang terbaik :'( huaaa~

jumat pulang malem lagi, eh kenapa ya? karena rapat evaluasi. Nah itu judul baru inget, kenapa ga ditanya?

Eh iya itu judul kenapa nay gitu? udah jatuh miskin ya? mau naik BBM ya? kan belum naik kok udah miskin duluan? #plak hahah

itu, karena kami pulang malem sabtu, dan saya belum makan nasi dari mlam jumat sampai malam sabtu ini. Ga ada tukang jualan nasi yang masih buka dan ada lauk yang pas sama uang anak kostan hahaha

Amat susah sekali tukang nasi ya. Dan akhirnya muter-muter jalan yang melelahkan, nemu tukang nasi goreng... dan nunggunya lamaaa sekali..  dan saya jadi sendiri lagi karena Zahroh tiba-tiba mau pulang, tapi mau ke kostan dulu. Udah malem kan padahal..

Saya pulang ke kostan, dan dia gajadi pulang -_-zzz terus mandi, shalat, beres-beres dan makan sambil nonton Film Overspeed Scandal, terus nonton 1 episode Q.E.D terus nonton conan dan tidur. Abisan ada yang pulang kecapean hahaha~



Sabtu, 31 Maret 2012

akhir maret ya, aaa~
Alhamdulillah, Terima Kasih :D untuk bulan maret ini, ada banyak semangat yang saya tanamkan :)

dan Arigatou (lagi) Hari ini,
kamu selalu buat saya senang~ buat dunia itu tak pernah lepas dari tertawa #apaini -__-"

yep harusnya kau cepat selesaikan puisi mantera itu! ^^v #digamparhabis-habisan

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar