Kehidupan Tak bisa lepas dari Politik

by - Juli 08, 2009

tidak bisa dielakkan lagi, bahwa kenyataannya kehidupan kita tidak pernah lepas dari kata politik.

Politik sendiri berasal dari kata "polis" yang artinya "negara/kota" yang berkembang luas menjadi satu pemerintahan, dan akhirnya terbentuknya sistem politik.

Sudah jelas, bahwa tanpa politik suatu negara tidak akan bisa dipimpin serta diatur. Politik mencakup segala badan untuk pemerintahan, contohnya adalah Presiden, Wakil presiden, Mahkamah Agung, DPR, dan segala gelar dibawahnya.

UUD serta dasar Negara tidak akan bisa tercipta tanpa adanya peran dari sebuah politik. Politik tiba di indonesia karena adanya bangsa kolonial yang dengan sistem politik mereka, banyak rakyat indonesia yang menderita. Tapi, disamping itu juga, Indonesia bisa meraih kemerdekaannya dan bangsa Kolonial bisa diusir dari tanah Indonesia ini.

Bukan hanya dalam sistem Pemerintahan saja, politik digunakan dan menjadi hal yang prioritas. Tapi, Politik terkandung dalam kehidupan sehari-hari juga.

Contoh kecilnya, dalam sebuah keluarga. Keluarga membutuhkan seorang pemimpin untuk mengatur keluarganya. Pemimpin itu merupakan salah satu hal yang tercipta dalam politik. Sebuah keluarga biasanya juga sering bermusyawarah dalam memutuskan suatu tindakan, musyawarah juga merupakan salah satu bagian dari Politik.

Contoh lainnya, adalah dalam lingkungan sekolah. Dalam sekolah pastilah mempunyai peraturan, dan sekolah pun mempunyai satu orang sebagai pemimpin. Program sekolahpun mempunyai andil dalam berpolitik, salah satunya adalah Organisasi Sekolah. Dari situ, siswa tanpa disadari telah mempraktekan suatu sistem politik sederhana di lingkungannya.

Dalam sebuah dakwah juga, politik begitu sangat penting, karena dakwah membutuhkan sebuah organisasi untuk mengumpulkan banyak orang yang akan mendalami islam lebih dalam.

Dakwah pun tidak hanya diperankan dalam sebuah majellis pengajian, tapi bisa juga lewat organisasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, organisasi merupakan bagian dalam politik. Organisasi dalam dakwah sekarang lebih berperan dalam kemajuan umat islam kelak.

Jika seseorang mengatakan bahwa politik itu tidak merupakan bagian dari kehidupan, berarti pernyataan itu tidak memiliki bukti yang konkret. Karena dalam kenyataannya, Politik akan selalu ada dan tidak akan pernah lepas dalam melakukan segala tindakan sehari-hari.

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA