Suara

by - Juli 29, 2015

Seiyuu; Dubber 

Beberapa tahun terakhir, saya pernah bercita-cita menjadi dubber atau pengisi suara. Tapi masih aja gak punya keberanian. 

Hari ini, setelah sudah menetapkan jadwal, menuliskan pula rincian jamnya, dikacaukan oleh kejadian tak terduga. Ketika menyematkan headset ke laptop, yang keluar suara kresek-kresek, pas ngomong sendiri (kebiasaan ngomong sendiri) malah ada suaranya di laptop. Duh, kan kocak.

Mana kemarin pagi, baru aja dengerin soundcloud @suaracerita, malamnya sebelum tidur, dengerin beberapa prosanya di handphone. Nah bisa nebak? apa yang setelah itu gue lakuin? Ya.. gue baca tulisan-tulisan macam prosa. Dan akhirnya saya merekamnya >.</ wkwkwk

Secara tidak sadar, udah 20-an file. yang gagal banyak, yang bagus tapi kemersek juga banyak T-T dan kayanya kualitas headset juga sih ._.v haha

dan juga saya mencoba macam suara, kaya suara kawaii, suara anak-anak, dan suara minion. Omaigat, pantas mereka (adik dan orang-orang sekitar) ketagihan pas saya nyanyi Banana Minion itu, denger suara sendiri asa aneh wkwk, ini suara  siapa gue yang ngomong aaaaaaa >w< *baru nyadar*

Kalau saya pernah beberapa kali menonton wawancara para dubber, mereka memang harus berkembang dengan sendirinya, semakin banyak mereka belajar mengikuti banyak suara, mereka semakin melebarkan sayap. Kalau yang konsisten dengan beberapa suara saja, gak bakalan bisa. Perjuangan seiyuu di Jepang, juga ternyata gak kalah beratnya, mereka harus jatuh bangun membuat karir. Lah gue, baru suara minion sama kadang bisa suara suneo~ selebihnya suara dedek bayi >.<

Oh iya, lupa mau bilang juga,
saya lagi tertarik bikin audio semacam merekam cerita atau prosa atau puisi. Karena sebetulnya, saya suka denger puisi dibacakan, tapi sayangnya gak bisa semenggebu para penyair di Panggung sana, saya juga pernah punya proyek rekaman cerita dongeng (tapi ceritanya gak ada). Ah, mungkin masih juga melekat, dulu suka banget dengerin cerita dongeng di kaset dan radio ketika kecil. Anak kecil sekarang mana tahu ada cerita dongeng di radio dan kaset? :( 

okey, bolehlah kunjungi di sini

You May Also Like

2 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA