Kuliah Tingkat Akhir : Komar

by - Februari 28, 2015

Jurusan apa Nay? Pendidikan dan Sastra Arab
Jadi guru dong? Enggaklah
Terus? Gue cuma menjadikan ini sebagai batu loncatan menuju mimpi yang tertunda

(ini seorang Nay yang dulu optimis)

Berhubung saya sedang mumet dan mungkin inilah salah satu penyebab mood berubah buruk akhir-akhir ini, adalah mata kuliah mahasiswa tingkat akhir : Komar (Komputer Arab).

Awalnya mata kuliah ini cuma mata kuliah pilihan di semester akhir. Awalnya saya hanya ingin memilih mata kuliah ini. Awalnya saya kira ini mudah dan teramat mudah.

Tapi kenyataannya, hampir semua mahasiswa tingkat akhir mengambil mata kuliah ini. dan mereka tidak pernah membayangkan ribetnya sang dosen yang terhormat senang mengerjai mahasiswa tingkat akhir.

Pelajaran ini sebenarnya mudah. Bagi anak IT apalagi. Mudah banget. Hanya saja dosennya yang juga seorang yang gila gadget dan info-info IT menjadikan hal mudah menjadi rumit, serumit benang kusut.

Kita memang harus sih ya, belajar berpatok pada buku. Tapi beda urusannya kalau sudah urusan IT begini. Rasanya sayang untuk membeli buku seharga 50.000 yang isinya hanya tata cara menggunakan Word atau membuat blog. hehe ._.v

Bertubi-tubi jadwal Deadline berserakan. Mending kalau informasi yang disampaikan sejelas mata memandang pemandangan indah. Ini, intensitas pendengaran dan kerja otak mencerna asupan penjelasan nggak pernah sinkron. Topik yang dibicarakan terkadang lompat ke topik lain. Ada tulisan di papan tulis, dijelasinnya lain lagi. Hadeh.

Gak heran, kalau pada akhirnya Kelas saya yang notabenenya anak-anak yang individualis dan berkelompok tidak terlalu memperdulikannya. Seringkali saya malah bertanya dengan kelas sebelah yang dengan baik hati menjelaskan maksud bapak Dosen yang terhormat perihal tugas-tugas yang dibuat rumit. Mungkin bapak Dosen memang punya idealisme sendiri. Hidup dengan gadget~

Nah, oke. kalau begitu saya mau menjabarkan saja, maksud Bapak Dosen yang terhormat dibalik pengajaran Komputer Arab ini.

Kenapa Komputer Arab?
Bukan serta merta kita belajar komputer berbasis arab, tapi lebih kaya pelajaran KKPI (waktu di SMK dulu). Tujuannya? Mungkin untuk memudahkan mahasiswa mengenal dunia IT. Secara masih banyak banget anak jurusan bahasa Arab yang ITnya norak abis, ga update dan taunya hape bagus cuma buat ngenet doang. Bahkan taunya facebook cuma tempat curhat doang, atau cuma buka google kalau nyari tugas doang, itupun pakai keyword yang panjang dengan tujuan biar langsung dapat.

Ya begitu sepertinya.

Kita ulas pelajaran pertama,

1. Spesifikasi Laptop
Ketika pelajaran ini dimulai, sebelumnya sudah ada tugas yang diposting di grup angkatan. Isinya tugas mencari spesifikasi Laptop dan dikumpulkan dengan format yang ditentukan. Hari itu saya terlambat datang. Kemudian setelah duduk, saya mencerna baik-baik apa yang diterangkan. Hari itu saya ndak bawa Laptop, karena laptop saya rusak. Sebisa mungkin mencerna, tapi apadaya otak gak bisa mencerna omongannya yang cepet itu dan gak fokus sama topik yang dibicarain. Ketika nengook ke belakang, muka-muka bosen sama gak ngerti. 

Sebenarnya niat pelajaran ini baik, membuka peluang agar kita tahu spesifikasi laptop ketika mencari laptop sesuai kebutuhan kita. Kadangkala kita yang gak tahu apa-apa sering dibohongin mas-mas, atau kalau  nanya malah dicuekin =3= 

Tapi namanya mahasiswa ya, bahasa arab lagi, butuhnya mungkin cuma untuk ngetik-ngetik skripsi doang, atau nonton. Itupun kalau bukan penggila Film gak bakalan tahu dan butuh yang namanya hardisk Eksternal atau memori laptop yang berapakah yang bisa memuat banyak film. Atau hal sepele macam antivirus. 

Ini lumayan, kalau orang yang gak peduli-peduli amat sama Spesifikasi dan kemajuan teknologi dia gak bakalan butuh informasi macam ini. 

Selesailah tugas yang ribet ini yang ternyata kita musti banyak baca istilah perangkat Hardware dan angka-angka penunjangnya. 

2. RapidTyping

Ini mungkin dijelaskan di papan tulis ketika saya sedang lengah. Guna Software ini adalah untuk mengetik 10 jari. Konon katanya mengetik 10 jari adalah hal paling luar biasa yang membuat orang bisa mengetik dengan cepat dan mudah. Nyatanya enggak juga. malah ada orang yang mengerik cuma 5 jari bisa ngetik cepet sampai berisiknya ngalahin genjrengan gitar dan kalau sepi bunyinya minta ditimpuk XD

ini mengetik 10 jari huruf arab. Mudah sebenarnya, petunjuknya aja yang ribet dan settingan Laptopnya harus benar-benar diubah jadi format Arab. Hanya saja, ya itu.. petunjuknya ribet, akhirnya bikin sebagian orang malas baca dan akhirnya gak ngerti. 

Gampang aja ngetik arab kalau punya stiker keyboard arab *anak arab sih harus punya* /tapi saya engga/ Dia bikin pemandangan laptop jelek dan saya gak suka barang ditempel-tempel selain tempelan aselinya. 

Jadi kendalanya, pertama di langkah, yang kedua masalah ketikan. Pas liat skor orang-orang pada perfect. akuratnya 90-100. Daku mah apa atuh. tepat sebelum deadline menghampiri akhirnya saya kehilangan laptop lagi. dan harus menggunakan si Toshi-kun ini dengan keyboard seadanya. Error dan tidak ada tulisan arab. 

Kalau masalah keyboard saya mengandalkan ingatan visual dan gerak kinestetik. Saya menghafal tempatnya, itu yang bikin saya malah lebih fokus lihat tulisan di monitor atau menikmati keadaan sekitar atau sambil mikit kata-kata yang sedang ditulis.

Awalnya susah banget, Karena eror dan karena saya kebiasaan ngetik mengandalkan ingatan visual. yang diingat visual huruf latin bro bukan arab :v

Nah inti dari diajarkan RapidTyping ini ya biar bisa lihai ngetik Arab 10 jari. Sayangnya dengan adanya materi ini pun masih banyak kok yang gak ngerti maksud dari tugas ini, dan pastinya mereka ngetik gak pake 10 jari, dan gak mengasah skill mereka dalam mengetik, soalnya keyboardnya yang dipakai kan sudah tertempel tulisan arab :v

3. Google

Bicara Google gak ada habisnya. Hampir semuanya berujung pada Google. Saking terkenalnya karena mesin pencariannya yang semakin hebat. Mungkin orang awam gak tahu kalau Google ada banyak fungsi selain jadi pusat pencarian informasi. 


Seperti Google yang bekerjasama dengan Android dan menampung banyak aplikasi untuk smartphone, Google juga banyak kegunaan. 

Kaya pertama yang diajarkan Google Maps,
tujuannya sih biar kita bisa cari alamat, bisa juga cari keadaan Lalu lintas (Kalau yang sering mudik mah udah tahu yang beginian) atau bisa tahu detail foto letak suatu tempat. Sayangnya Satelit Google ga update. Masa jalanan udah bagus masih pakek foto yang lama.

Terus Sinkronisasi Kontak Google,
tujuan belajar ini, biar kita bisa membuat cadangan tempat kalau-kalau kontak di hape kita keformat atau pindah hape baru. Sayangnya banyak yang gak mengerti dan menganggap ini sepele. yah walaupun kerja Hape jadi lama karena makan tempat :v

Yah, selain kontak hape yang isinya nomer telepon, kita bisa menghubungkan Email mereka di dalam kontak nomor hape mereka, atau bisa jadi kita bisa tahu email mereka tanpa kita tanya :v

Terus Google Calender. 
Waw google bisa bikin Agenda pengingat kalender. /norak/ 
yah ini sih penting gak penting gitu ye, soalnya banyak kok orang yang lebih tertarik bikin tanggalan di kertas dan betah untuk menatapnya lewat mata telanjang daripada harus menatap layar imitasi yang bikin mata ga fresh ._.v

Terus Signature,
tanda tangan untuk pengiriman email.
Dulu banget, ngirim email udah kaya anak paling gahul IT sejagat raya. Asyik banget. Kalau sekarang, orang lebih suka yang instan-instan dengan kecepatan cepat dan software yang lebih ringan. Dari dulu, saya yang gak tahu apa-apa jugak menanamkan sistem Signature ini. Bukan apa-apa sih, cuma karena si emailnya nyuruh gitu :v

Iya, ini bertujuan agar kita gak capek nulis informasi terkait kita, contohnya misal isinya nama kita dan kontak diri kita, atau ucapan terimakasih yang gak perlu ditulis ulang terus. Oh iya email juga punya sistem otomatis berbalas loh. Jadi, kalau misal ada orang yang balas email kita, atau mengirimkan Email, biar terkesan kita perhatian dan selalu On Email, ada kiriman otomatis yang seeringkali ucapannya 'Terimakasih atas partisipasi anda bla bla' 



Terus Google Drive,

banyak orang yang kehilangan filenya ketika penyimpan datanya rusak (termasuk saya), ini bisa jadi solusi untuk menyimpan data-data. Bahasanya mah Backup Data gitu. Fungsinya sama kaya Mediafire atau 4shared atau yang lain. Tapi kalau Google Drive mungkin lebih terjaga keamanannya, bisa diatur untuk tidak bisa di download :v

yah begitulah ini pelajaran kedua Komar yang akhirnya pada bejibun ngerjain tugas tambahan ini. 

3. Office
Ngebahas Office gak ada habisnya. Saya pun paling gak suka pelajaran KKPI yang selama dua semester itu cuma belajar Word dan Excel. 
Office bagi saya adalah hal pertama yang saya kenal. Pertama kali menggunakannya ketika SD, membuat surat cinta untuk Ibu. Dulu suka banget sama frame word yang lucu-lucu, lalu beralih nemu gambar Clipart yang tersembunyi di folder Local Disk, kemudian dengan sabar membuat layout buletin dll. 

Belajar Office emang gak simple. Males baca teorinya. Kenapa gak praktek aja sih? /plak/

Iya, mungkin belajar ini bisa membuka jendela pengatahuan yang lain, bahwa Word gak cuma buat ngetik, tapi harus bisa mengatur letaknya, cara input tulisan atau gambar, bahkan membuat logo dengan Word (kaya ayah saya). 

Atau Power Point gak cuma buat presentasi ecek2 semata, tapi bisa juga diakali untuk buat Company Profile sederhana yang mungkin akan terlihat jadul sekali. 


4. PDF 
Siapa yang gak kenal PDF? saya kenalan PDF waktu SMP kelas 3. Baca buku Ebook dan merasa terpesona dan keren baca E-book yang akhirnya mata saya berair. Sempet juga nemuin E-book yang bentuknya visualisasi buku banget dn lucuk. 

Yap, PDF. Bisa dibilang PDF menyatukan semua data Word satu tempat dan tidak akan merubah format dari fontnya dan settingan layoutnya. 

Ini berguna banget buat mahasiswa bahasa Arab yang seringkali ngeluh memakai jasa print-an di Rental atau warnet yang seketika settingannya berubah jadi gak huruf arab atau lebih parahnya huruf arab berubah simbol kotak-kotak. 

Ini bisa diakali dengan meng-Export data word ke PDF lewat Microsoftt World. Ketika dosen menyarankan menggunakan Foxit ketimbang Reader dsb ada benernya juga. Masalahnya dosennya gaktau kalau sudah sejak lama mahasiswa-mahasiswa ini mengubah PDF kalau hendak ngeprint :v

5. Perangkat Audio dan Video
Kita akan belajar pake Camtasia. Tahu gak? Itu software waktu saya di sekolah dulu membuat tugas akhir. Gurunya dulu menerangkan sambil memperagakan. Kalau ini, sebatas suruh install gak cuma jabarin salah satu tugas menggunakan ini. Mungkin biar kalian bisa berbagi caranya bikin tutorial ber-video dan beraudio

Audacity
suka rekaman sendiri? Audacity meenjawabnya~ dia bisa menggabungkan lagu, merekam suara dll. Sama, ini adalah software yang bikin saya jatuh cinta sama headset bermic yang bisa ngerekam langsung di Audacity hihi 

6. Subtitle
Suka nonton? mungkin anda tertarik sama bagian men-subtitle film-film luar negeri. Eits, penggemar film biasanya tahu atau sdikit tertarik dengan masalah Subtitle atau iseng mau ngubah subtitle sendiri. Padahal bisa sih ngubah subtitle berformat Notepad :v tapi ini mah dibikin sulit pakek Subtitle Edit atau editnya pakek Snagit. 
Gak sekalian edit pake After Effect atau Ulead :v 

Yaks segini dulu pemisra.
Ini gak ribet kan?
Cuma tatacaranya diribetin da mengharuskan kita konek dengan internet setiap saat. 
Ini melelahkan~ 


You May Also Like

2 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA