Uang

By Nayla Nuha - September 02, 2016

Jadi anak sulung adalah hal yang luar biasa. Luar biasa beratnya. 
Beruntungnya kami sekeluarga menerapkan sistem terbuka untuk beberapa hal, meski ada juga banyak hal yang gak perlu buka-bukaan wk.

Misal, soal aktivitas. Kalau ada yang ketahuan anteng terus dikamar, itu jadi pertanyaan besar. Makanya, gak pernah ada pintu kamar tertutup kecuali kalau tidur malam. Haha

Begitu pula masalah uang. Jadi anak sulung secara tidak langsung menjalankan peran orangtua kedua. Jadi, orang yang pertama tahu masalah keluarga ya anak sulung. Memang sudah seharusnya, mungkin. Kuliah gak jauh dan seminggu sekali pasti pulang kerumah. Yah antara kangen orang rumah, rumah atau wifi haha.

Sejak kecil, kami sekeluarga tidak dibiasakan menghambur-hamburkan uang dan paling suka dimarahin kalau doyan ngutang. Oleh sebab itu pula mungkin, saya termasuk orang yang suka nabung meski gak sengaja. Rasanya kalimat harus hemat, harus hemat selalu berdenging di kuping kami setiap saat. Meski efeknya gak terlalu kelihatan diantara kami bertiga.

Sebenarnya tabiat Hemat itu cuma ada di ibu saya haha. Sosok perempuan luar biasa yang bawelnya minta ampun, tapi Alhamdulillah bikin kita jadi terpaksa belajar buat masa depan. (baca: berkeluarga). Ibu saya orangnya perhitungan banget, selalu mengedepankan prioritas utama: keluarga. Kalau masalah uang nomor satu, gapunya uang pun bisa jadi faktor pertama ricuhnya kedamaian Rumah Tangga. Ya, namanya juga ibu-ibu ye. Tapi bersyukur Alhamdulillah jadi bisa juga hemat.

Pelit? Menurut saya pelit sama hemat itu beda banget. Pelit itu gak mau sama sekali ngeluarin uang buat orang lain dan nyimpen buat diri sendiri. Kalau hemat, nyimpen buat diri sendiri iya, dan ngeluarin uang sesuai prioritas iya.

Dan akhirnya saya nulis soal uang-uangan ini. Karena gak kuat geram banget sama beberapa orang yang saya rasa bikin miris dan menyebabkan penyakit hati. haha

Pertama, mungkin ini efek anak pertama yang akhirnya suka banget hemat-hematin uang. Mending ga makan daripada uang habis buat beli makanan mahal. Atau mending gak makan tapi daku bisa beli buku dan ATK /Plak. Itu namanya penyakit gue haha.

Tapi alhamdulillah entah kenapa rezeki mah suka ada, dari pas mulai sekolah dapat rezeki gak terduga dari Hadiah lomba. Ya, rezeki menurut saya bukan hanya dikasih cuma-cuma tapi memang ada sebab-akibat. Sebab saya sudah berkerja keras menghasilkan karya, jadi saya dapat rezeki. Rezeki juga bukan soal hanya uang, tapi cinta kasih sayang juga. Karena pertama kalinya itu saya lihat ibu saya begitu bangganya dengan saya :""

Alhamdulillah bisa ngasih kemudahan untuk keluarga, padahal saya juga banyak dosa banget :"" Bukan soal kuliah dan sekolah pakai uang sendiri, tapi keterima di sekolah dan universitas yang biayanya tergolong murah adalah kemudahan tersendiri, dan orangtua bisa memenuhi kewajiban untuk adik-adik saya ditempat lain.

Jadi, tiba-tiba suka punya tabungan gitu. Dan tiba-tiba aja udah ada banyak. Alhamdulillah keadaan kayak gini emang mendukung banget jadi anak sulung ya, bisa jajanin adek-adek. Jadi mereka seneng kalau jalan sama gue, meskipun saya jarang ngajak jalan XD. Hampir semua yang dibeli jadinya pake uang kakaknya XD yah.. namanya atuh kakanya~ :"( Bangkrut bangkrut dah, tapi tak apalah. Yang penting belinya yang penting-penting. Kadangkala orangtua gak selalu bisa nurutin keinginan anaknya emang ya, jadi begitulah peran orangtua kedua #eaa

Kedua, tentang prioritas. Suka heran aja sama orang-orang yang entah kenapa dimata saya mereka gak ngerti prioritas. Misal, masalah jajan. Mereka bela-belain kerja siang-malam setiap weekday terus pas weekend mereka habisin uang cuma buat makan .__. what the-

Atau penyakit kebanyakan orang yang konsumtif. Pertama-pertama laper mata, kerjaannya sukanya ke mall survei barang. Kedua, naksir menaksir, ketiga akhirnya beli karena gengsi udah ngajak temen mau ke mall trus liat barang yang ditaksir dan akhirnya pingin merasa diakui bisa beli barang, padahal duitnya ga ada =.=  itu kebangetan gak sih.

Gak sedikit orang-orang yang bilang gak mampu soal finansial bayar uang sekolah, atau bayar kreditan, atau bayar hutang ke orang lain, tapi dia mampu punya televisi besar, barang-barang bermerk, bahkan handphone. Gak jarang mereka dengan bangga membicarakan soal 'brand terkenal' dan ngerasa gaul dan kaya nya tingkat maksimal. Padahal uang ge masih ngekor ke orangtua. Orangtua mati-matian kerja, anaknya enak-enakan pamer T^T sedih kan ya

Ketiga, ada pula tipe orang yang memburu pekerjaan dengan gaji yang besar dan bermimpi belanja sepuasnya. Eh alih-alih dapat gaji besar, yang ada belum dapat apapun atau gajinya di awal memang sedikit, tapi udah belanja pamer sana-sini. Guys, bekerja itu bukan hanya dapat gaji lantas dibelanjakan barang-barang wah terus cuma jadi barang untuk memenuhi omongan-omongan orang diluar sana.

Bekerja adalah satu kewajiban. dan alangkah baiknya niat awal bekerja gak cuma hanya dapat uang. Ya, sepertinya memang uang adalah langkah akhir perjalanan hidup. Kita sekolah, biar pintar, trus bisa kerja, kerja buat dapat uang haha. Ah, lagi-lagi uang memang menguasai dunia hahaha. Ya, niat awal harusnya untuk ibadah.

Kalau kita bekerja lantas dapat uang, atau kita mendadak punya uang segudang dan rasanya kita bisa memuaskan hawa nafsu kita dengan uang-uang itu. Lantas rasa bersyukurnya mana, kita menghabiskan uang, lupa buat sedekah, padahal disana masih banyak yang perlu uluran tangan.


Jadi, gak usah kerja aja sekalian, biar bisa ngontrol hawa nafsu. Itu juga salah. Kalau gak punya uang, kita gak bisa bantu sesama, kita gak bisa banyak infaq. Eh iya terlebih lagi kalau kita naudzubillah kerja yang gak halal ya, karena banyak banget sekarang pekerjaan yang menggiurkan tau-taunya riba, tau-taunya perusahaan luar negeri yang bukan muslim lagi. Jadilah kerja buat non-muslim, bukan negara sendiri lagi T^T atau kerja ditempat yang banyak ribanya, macem bank-bank gitu. Ah lebih baik mengurangi setidaknya.

Kita seringnya memikirkan diri sendiri, untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan kalau ditelusuri lebih lanjut, buat apa sih? Buat pamer kah ke orang-orang lain? Atau apa? hehe. Padahal diluar sana, orang mah pada berlomba-lomba nabung buat bangun mesjid, buat bangun lembaga untuk masyarakat, buat bangun rumah Qur'an, buat mengembalikan kejayaan Islam. Lah ini, masih aja nunggu gajian, eh besok dihabisin lagi. Duh.

Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (HR Imam al-Bukhâri  dan Muslim)

Ada juga sebagian orang yang berpikiran 'rezeki datang darimana saja' Tapi harusnya tidak lantas menganggap orang yang memberi terus menerus adalah sebuah rezeki. Itu namanya senang tangan dibawah, berharap orang memberi dengan cuma-cuma sedang kita malas berusaha. Kadangkala mau berusaha, menganggap usaha kita maksimal padahal terlihat sekali tidak maksimalnya. Seringnya mengeluh berat padahal yang dijalani orang lain lebih berat.




Di usia yang sudah tidak lagi muda ini, hem.. berat juga gak mikirin mau kerja apa. Tapi alhamdulillahnya gak jadi penganut 'Tangan dibawah' sebab bisa meminimalisir kebutuhan dan tetap mengabdi jadi seorang anak yang taat sama orangtua. Dan kebutuhan pribadi masih bisa memenuhi karena punya sedikit strategi.

Hidup ditengah hiruk pikuknya jatuh bangun jadi wirausaha membuat saya belajar. Bahwa, baiknya kita menciptakan lapangan pekerjaan, bukan kerja sama orang hehe. Ada sedikit terbersit pingin kerja dan ngelamar, tapi habis itu males haha. Disini ladang kerjaan melimpah dan SDM masih banyak dibutuhkan. Usaha keluarga. Yang lanjutin siapa? ya anaknya. Masa mau anak tetangga.

Ngerasa belum maksimal sebelum lulus, dan ngerasa mengkhianati target buat merancang sistem dll. Tapi sedikit sedikit mulai diperbaiki lagi. Belajar juga cara bangkit dari kegagalan. Harus kuat, harus kebal. Gak mungkin sukses kalau gak gagal. Gagal sekali-dua kali gak masalah. Toh, emang buat jadi wah itu perlu jatuh-bangun yang ekstra. Kalau dibilang berat ya emang berat, tapi dijalanin Karena kita masih punya Allah itu jadi gak berat loh!

Jadi wirausaha enak, gak perlu mikirin gaji. Meski jadi freelance yang kata orang kerja gak jelas, kerja serabutan, tapi nyatanya uang buat keperluan primer selalu ada kok. Masih bisa pula ngoleksi buku atau pun buku sketsa dan antek-anteknya haha. Dan enaknya lagi, bisa sering infaq sama orang lain (gamau riya padahal T^T kok jadi ngerasa riya ya..) Bisa bantu sesama pakai uang sendiri itu enak, kan siapa yang tahu Allah balas (ini beneran sebenarnya sama sekali ga minta balasan T^T)

Sebab, biasanya sih kalau udah alumni kayak sekarang, adek-adek kelas di organisasi suka jarkom minta donasi. Kalau kita punya uang lebih, daripada ditumpuk-tumpuk doang gak kepake, indah banget kalau buat bantuin dakwah kan :) hehe. Karena, uang kita yang entah tertumpuk dimana kalau gak kepake ya belum rezeki. Semoga berkah ya Allah.

Makanya, sering do'a biar kaya, eh biar rezekinya banyak, terpenuhi. Beda sih kalau kaya dan rezeki banyak. Kaya mungkin hanya soal materi aja yang banyak, tapi kalau rezeki itu soal banyak hal. Dapet makanan pas ga ada makanan aja itu namanya rezeki loh! *pengalaman dirumah haha*
Banyak juga orang yang kaya, materinya banyak tapi ngerasa gak cukup-cukup aja. Emang ya, rezeki itu gak bakal tertukar dan Allah ngasih sesuai porsinya masing-masing.

Ayo jadi Kaya! Biar banyak sedekah! 
Ayo jadi wirausaha aja! Biar bisa bikin lapangan pekerjaan buat orang banyak
Ayo jadi pengusaha muslim! Biar Muslim bisa lawan musuh-musuh Islam dan produk-produk yang menyesatkan :D 
Ayo Hemat! 

//Loh ini kok jadi gak soal uang hahaa

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar