Sekilas : Rie ki Creativa

By Nayla Nuha - Agustus 29, 2016






Rie ki, diambil dari kata bahasa Jepang yang artinya berkah. Menurut salah satu pendiri kami, artinya sih itu ._.v

Rie ki creativa, terbentuk dari obrolan dua orang mahasiswa akhir disalahsatu universitas ternama di Jakarta. Dan pada akhirnya terealisasikan dengan adanya Logo Rie ki creativa.

Rie ki creativa bergerak di bidang jasa dan cetak desain. Semacam menawarkan jasa desain, illustrasi sampai ke proses cetak mencetak. Ide berkecimpung di bidang ini adalah salah satu cita-cita saya ketika saya menginjak umur di ranah perkuliahan. Seneng aja gitu, ngedesain, gambar digital, gambar biasa sampai seneng lihat hasil cetakan sendiri, dan suka eksperimen gitu, gimana ya bikin barang yang beda daripada yang lain dan itu hasil kerja kita sendiri hihi. Dan salah satu teman saya sefakultas tapi beda jurusan akhirnya menyambut baik usaha ini. Usaha yang akhirnya menjadi milik bertiga, teman satu fakultas yang beda jurusan dan teman sekelas saya.

Dimulai dari Logo, terus meeting pertama di warung bakso sebrang kampus. Sampai akhirnya, terbentuklah sistem awal yang bikin logo, brand nama, sosmed dll.

Pesanan pertama adalah pesanan Frame Pop up Wisuda dan yang pesen kakak kelas yang sama-sama satu organisasi. Sukses. Tapi sebenarnya ada penyakit dalam bisnis ini, sebagian besar yang berperan saya. Mulai dari modal, ngerjain orderan, sampai nyetak dan distribusinya. Awal masih abal-abal. Pakek frame yang salah beli. Beli pun saya seorang, salah beli lagi wkwk. Awal mula mulai ini sebenarnya gak baik, soalnya kita sama sekali gak ngomongin keuntungan yang pasti. Masih jalan apa adanya kayak air mengalir sampai jauh.

Dan akhirnya pecah! Setelah melewati masa-masa yang sulit, setelah banyak hal yang bikin saya hm.. sedih gitulah, akhirnya bubarlah orang-orang ini. Dan, Rie ki creativa jalan seorang diri hingga kini .

Gampang nay? Engga. Berat ngejalaninnya. Karena kebanyakan keuntungannya itu muter lagi jadi modal. Keder, iya keder banget! Karena sistemnya belum jelas-jelas amat. Banyak yang keteteran karena gak tersistem dengan baik. Nyiksa diri, juga iya.

Niat awal berkecimpung di dunia kayak gini, bayangannya emang buat belajar. Buat belajar gambar. Karena kalau keinginan aja gak cukup. Banyak pantangannya. Kalau nggambar, ngedesain sambil kerja itu jadi dianggap orang itu pekerjaan karena menghasilkan uang. Karena, kalau gak gitu, ngegambar saya dibilang kurang kerjaan T^T sedih ya. Emang haha :""

Pernah juga rugi, sudah nyetak, gambar jauh-jauh hari, atur waktu eh eh... konsumennya hilang entah kemana, banyak maunya pula. Pernah juga barang yang dikirim rusak, jadi harus beli gantinya, barang yang dipesan hilang karena jatuh dijalan sama abang paketannya. Barang udah dibeli mau dikasih ke konsumen rusak, dll. Badan remuk tak berdaya karena ngerjain banyak orderan yang gak sedikit penuh dengan tawaran harga atau request gambar yang gak kira-kira gitu. Hahah.

Tapi itulah yang namanya bisnis. Ini aja saya gak ngerti-ngerti amat bisnis. Dulu, mikirnya saya pingin jadi penulis. Bisa nulis trus dapet uang plus fans. Tapi kayaknya sirna nih. Akhirnya pindah haluan ke gambar menggambar, jadi pingin buat percetakan. Tapi saya lupa, buat percetakan ga segampang naikin kaki keatas kursi, itu namanya bisnis juga cuy. Bisnis itu emang berat dulu ujiannya hehe. Saya gak paham bisnis, gak paham sistem, gak paham cari untung dan harga jasa. Tapi, lambat laun saya belajar dari kegagalan-kegagalan yang ada. Saya survei lapak sebelah, saya survei harga yang ditawarkan lapak sebelah. Saya cari-cari referensi, cari apa yang dimau konsumen, cari tempat percetakan yang bisa kongkalikong sama jualan saya.

Gak mudah memang, sampai sekarang juga masih belajar. Pernah di tahun ini, saya coba sistem baru Rie ki creativa. Sistem bayar duluan baru dikerjain. Tapi itu juga gak efektif karena nyiksa diri. Banyak pesenan dengan jenis pesanan berbeda-beda (jualan saya emang gak fokus haha). Yah, harga sudah saya naikin, tapi sistem saya masih agak sama dengan sistem yang dulu. Sistem request sakarepmu itu yang bikin eneg haha. Kadang mereka request seenak jidat, pesan illustrasi pin beberapa biji tapi maunya beda-beda gambar. Mending dikit, ini banyak. Harusnya sih gapapa ya pesen banyak biar enak nyetak, tapi gak enak ngegambarnya. Karena banyak, dan harga tetep gak dinaikin *gue dodol emang*

Pernah juga jual gambar, eh ternyata sama orangnya dibuat barang yang persis dan dia jual lebih murah. Omo~ ini namanya saya dirugikan ini. Jadilah saya putuskan tidak lagi jual illustrasi untuk dijual lagi kecuali ada kesepakatan dapat royalti hahaha.

Bulan ke-8 saya buka Open Order satu item saja dalam satu bulan. Dan dengan sistem yang tertata rapi. Ada katalog, ada persyaratan mutlak. Ada sistem jam kerja (09.00-20.00), ada sistem jarkom tetap, ada pembayaran diawal, ada tabel catatan pemesanan, ada juga waktu yang diluangkan buat balesin pertanyaan-pertanyaan yang kadang bikin kesel sendiri, gak liat apa itu info masih ada aja yang nanya-nanya keluar jalur hehe. Udah mending sih, tapi masih kedeeer haha.

Banyak rencana yang gagal dilaksanakan pas udah ketemu percetakan. Ada aja yang tadinya fast respon jadi slow respon sampe akhirnya ga direspon lagi. Nyari harga lagi, ngitung harga lagi, eh untungnya jadi sedikit hiks. Sampai akhirnya butuh banget partner hidup *eh tapi belum dapet yang sreg. Belum juga meet up sama seseorang yang punya keinginan bisnis serupa. Belum juga nemu trik buat ngitung untung. Upah desain, upah jalan, upah packing. Beuh, masih jauh dari sempurna lah bisnis ini, belum jatuh-bangun-jatuh-bangun amat :"""

Tapi saya bersyukur, selama ini bisnis ini masih jalan, sama pertanyaan-pertanyaan 'Kapan order kak?' 'pricelist please,' gitu gitu lah hehee.

Apalagi pas gabung lagi di Kartun Muslimah. Pas di promote sama adminnya, beuh hape gak berhenti bunyi. Sampai ngelag dan dia kayak bilang:  mau pensiun aja. Barangku emang awet :"" daku belum sempet beli yang bagusan, soalnya.. masih banyak keperluan yang lain yang musti dipenuhi, padahal adek-adek gue punya iphone sama ipad wkwk /anaksulungmahngalahcuy/

Yak, dan sekarang masih musti belajar lagi tentang bisnis-bisnis ginian. Sempet kepikiran pingin jadi freelance aja. Tapi liat dunia luar saingannya banyak banget, dan bertitel juga skill nya dewaaa /dakumahapaatuh/ dan masih bingung, mau diseriusin apa engga berkecimpung di dunia ginian *maksudnya sekolah lagi biar dapet titel yang diinginkan* tapi saya masih lebih pingin diseriusin sama do'i sih, iya kamu.. //alaysumpahwkwk//

Oh iya Rie ki creativa itu bisa di cek di IG : riekicreativa atau di Fbnya : Rie ki Creativa. Barang yang dijual berupa jasa desain, illustrasi dan jasa cetak : Mug, Pin, Gantungan kunci, Piring, Notes, Pembatas buku, Frame dll. InsyaAllah gambar dan desainnya gak malu-maluin, dan foto produk yang sudah dihasilkan juga gak bohong kok. Kalau kalian liatnya bagus, ya emang aslinya juga bagus hehe XD

/Soalnya saya pernah pesan barang online berupa jasa desain bantal, foto sama aslinya beda banget! Di foto bagus, liatnya pas di Gallery instagramnya sih bagus, jadi pas mau pesen buat kado gitu, positif thinking aja bagus, eh eh pas udah nyampe rumah dan dibuka. Kecewa berat! Jelek banget sumpaah *emosilagi* makanya ya mas, mbak, kakak, usahakan kalau jualan online barang yang difoto sama aslinya sama-sama bagus ya! /

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar