Keluarga~

By Nayla Nuha - November 03, 2015






Ketika di perjalanan seorang diri adalah momen yang tepat untuk banyak berfikir dari lingkungan sekitar. 

 
Seperti hari ini, yang perhatian saya tertuju pada banyaknya ibu dan anak yang berpergian.
Ada banyak macam-macam pola yang dididik orangtua di dunia ini. 
 
Ada pula banyak macam tipe anak.
Ada anak yang sepanjang jalan mengoceh dengan pertanyaan-pertanyaan menyebalkan, ada yang diam sambil mengamati sekitar, ada yang rewel minta jajan, ada yang jalan kesana kemari karena keingintahuaannya akan lingkungan baru. 
 
Yang menggelitik saya adalah ketika anak tipe rewel dan bertingkah ga karuan sang ibu malah marah-marah ga menentu. Selain membuka image menyeramkan , juga penampilannya berubah jelek. Maka terbukalah sedikit pola didik apa yang diterapkan ibunya dan ketidaksiapan orang tersebut untuk medidik anaknya menjadi generasi yang baik. 

Suatu hari saya pernah menjumpai seorang ibu dan dua orang anaknya yang masih kecil. Begitu membuat iri caranya menangani anaknya. Anak laki-lakinya yang lebih kecil sepanjang jalan mengoceh bertanya apa saja yang dilihatnya, sesekali ibunya sabar menjawab sambil.membaca al-quran, melihat ibunya membaca al-quran, anak tersebut ikut menghafal surat. Dan anak pertamanya, seorang anak perempuan asik duduk di bangku kereta dengan buku tulis yang ia gambar. 

Ya, begitu ibunya bijaksana sekali, memperbolehkan anaknya untuk melakukan apa yang ia suka, tentunya sang anak juga mengerti situasi ketika di luar rumah, tidak boleh merepotkan orangtuanya dan bersikap kalem. 

Dan saat ini, sebelah saya duduk seorang ibu muda dan anaknya yang masih kecil, sang anak selesai makan dengan baik, dan ia mengamati lingkungan sekitarnya dengan tenang, tidak gaduh atau rewel. Dan tentunya menggemaskan :3 

Ah, mungkin disudut lain, ada banyak juga orangtua dan anaknya yang masih kecil, dan pentingnya, penting sekali untuk belajar mendidik anak kelak, pola apa yang harus kita berikan dalam membangun keluarga. 

Sebab, peran penting seorang wanita adalah mereka yang bisa membangin keluarga kecil yang bahagia dan membawa mereka ke Surga, tentunya dengan Imam yang juga baik :))*eh
 
#Kereta Jakarta-Bogor 
Jumat, 30 Oktober 2015

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar