Game Skripsi : Hang Man

by - Mei 03, 2015

Ehem,
Awalnya sangat optimis. Setelah pindah haluan dari Sastra ke Pendidikan. Tepatnya Media.
Satu bidang yang jarang diambil oleh mahasiswa tingkat akhir bahasa Arab.
Pikiran pertama,
Bisa ngerjain sambil refreshing ngerjain animasi yang kadang bikin candu. Mau terus bikin dan bikin.

Skripsi saya akhirnya fix akan mengembangkan Game bernama Hang Man untuk penguasaan Kosakata. Setelah pernah terjebak, dan akhirnya Allah membawa saya untuk menemui dosen pembimbing 2 yang cuma modal 'konsultasi judul' yang konsultasinya ampe 2 jam gitu, akhirnya judul saya yang diubah menjadi pengembangan pembelajaran berubah lagi menjadi pengembangan Media.

Sebenernya ada kata-kata 'jleb' gitu dari Dosen Pembimbing pertama yang dicoba untuk dibuang langsung ke tong sampah : 'Kamu kan bukan jurusan komputer' ugh, sakit bapak T_T

Yak, akhirnya saya menjalaninya. Ternyata tidak mudah men. Karena apa, saya lupa ini bahasa Arab. Kadangkala banyak aplikasi dari kecanggihan teknologi ini (baca : sistem komputer) yang belum support sama Bahasa Arab. Yeuh.

Pertama buat game ini, ternyata contoh-contoh pembuatannya masih Game Statis. Yang cuma main sekali aja. Gak mencakup materi yang banyak, dan saya juga gabisa ngehack aplikasi Game Hangman semacam Hangaroo yang ternyata bikin rusak Win 8 karena ga support T^T

Sampai saya beli itu buku Flash Game yang pertama kali liat langsung berbunga-bunga. Eh ternyata pas dicoba. Asyem --" gagal maning masa... dan teman saya akhirnya angkat bicara, kalau buku-buku tutorial begituan paling isinya ada yang fail. Nyebelin emang kan, bagi-bagi
 ilmu aja pelit coba.. Padahal itu udah dijual.

Jadilah saya searching aja di internet, nanya sana-sini, akhirnya nemu yang AS3. Cari lagi yang AS2, dari yang bahasa Indonesia sampai akhirnya nemu bahasa inggris dengan banyaknya halaman...
Liat-liat caranya, Trial satu persatu, mencocokkan kira-kira yang sesuai sama konsep saya, bahasa arab dan memudahkan.

Tutorial berbahasa Inggris yang ada animasi Hang Man itu, saya coba dikosan, seharian itu, osh, gagal. Gak sesuai. Padahal itu udah berlembar-lembar dan saya gak begitu ngerti bahasa inggris dicampur bahasa coding. Terus outputnya kudu bahasa arab. Lah,  pusing gak tuh?

Setelah dapat tutorial yang pas, yang juga emang masuk kedalam kategori Game Statis yang bikinnya akhirnya harus diakalin dengan masang LoadMovieNum dan bikin file satu-satu.

Saya sempat galau, digalau-in ide di otak sendiri. Tentang desainnya. Tadinya saya mau coba desain dengan tema Laut, atau suasana tempat gitulah.
Tapi akhirnya mengingat ini Game namanya Hang Man, saya pakai suasana Chalk ajalah,
dari bikin maskot yang tadinya gakmau bikin, sampai kebablasan main Corel ala mouse user bikin manual semua ekspresi wajah si Man itu,

Belum lagi sang Dosen inginnya muluk-muluk. Otak disuruh muter-muter. Dari dapat dimana materi, apa saja, dan sebenernya materinya belum mateng T-T

Beginilah seidkit tampilannya,
baru selesai 30%-an nih >.< Baru ada sedikit level 1 yang belum ada kelanjutan next level 2






Doakan yaaaks~ doakan :'>

Btw, hambatan terpenting sekarang saya belum dapet bantuan dari manapun. Master Game nya ilang, seakan tutup mata T-T yang dimintain tolong pun ilang, nanya langsung ama orang Mesir ga dijawab lagi. Apa dia ga ngerti ya TAT

You May Also Like

1 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA