Kurang Kerjaan

by - Maret 13, 2017

Selamat sore, yang langitnya sedang memamerkan kerinduan senja pada kita

/pembukanya biar puitis dikit, nostalgia- hehe

Tulisan ini tiba-tiba terlintas di dalam pikiran setelah keseringan scroll timeline Instagram -mengamati, like, dan tidak berkarya /plak 

Saya akhirnya menyadari betapa sejak dahulu kala (baca : SD) saya punya pekerjaan yang bisa dibilang kurang kerjaan. Entahlah. Sebagai orang Intonvert akut, saya enggan berbicara banyak dengan orang-orang, saya cenderung melakukan interaksi, ini-itu bukan karena saya suka sekali, tapi keharusan sebagai anak yang memang sudah harus masuk sekolah. Belajar dan bergaul.

Alhasil, menggambar dan menulislah yang erat di keseharian saya. Kemudian barulah membaca banyak buku. Pergi ke perpustakaan, mencari majalah kumpulan cerpen yang tercecer disudut sekolah dan menulis beberapa puisi hasil dari sering dengerin lagu *sumpah gak nyambung banget kan haha

Ketika SD, kekurang kerjaan saya yang pertama adalah mengikuti teman saya yang mendalami dunia craft eh flanel. Awalnya dia jualan, tapi pada akhirnya barang buatan saya dan ibu saya lah yang lebih laku (maafkan aku hiks) Tapi tetap dia teman yang baik banget~

Sepertinya ketika SD, selain bikin-bikin cerita gak jelas di buku tulis, kerjaan saya cuma baca dan jahit-jahitan. Bahkan sampai bikin katalog *rajin banget ya. Katalognya digambar sendiri di buku tulis dan itu lucu haha

Ketika SMP, jualan flanel saya tetap berjalan dengan lancar, bahkan sampai merancang bikin dompet lipat yang bisa masuk uang kertas dan juga tempat naro foto. Kurang kerjaan bet kan ye, tapi Alhamdulillah ada aja yang beli! Hahaha.

Naik kelas dua, pekerjaan kurang kerjaan saya berubah jadi ngeblog, main di warnet setiap hari minggu dari jam 08.00-12.00 dan tetap baca buku (buku pinjeman, karena dulu membeli buku adalah hal yang sangat langka) dan juga menyusun kosa kata dari abjad, kemudian menuliskan macam-macam kata sesuai abjad /modal biar puitis/ seraya membaca buku favorit : kamus bahasa indonesia T^T
*parah haha*

di SMK, kekurang kerjaan saya adalah... ngotak-ngatik kode website, mainan desain dan ngotak-ngatik laptop sampai berubah OSnya wkwk, ngerusakin laptop karena virus warnet yang jaman itu merajalela dimana-mana.

Karena memang SMK kesibukannya udah lain, temen-temennya udah lain, dan banyak temen juga sih, jadi mungkin kekurang kerjaannya cuma pas dirumah aja wkwk.

dan pas kuliah, kuliah yang salah jurusan tapi akhirnya selesai dengan baik ini, kekurang kerjaan saya muncul lagi dan tambah banyak.

Bayangkan, saya kuliah bahasa arab. Skill arab pas-pasan yang penting lulus, rajin masuk, nilai standar, tapi gak pernah ngerasain liburan kayak orang-orang pintar di jurusan.

Ya, kekurang kerjaan saya yang pertama di bangku kuliah adalah : Ikut organisasi, awalnya yang penting ngikut, selanjutnya ketagihan wkwk.

Dan muncullah kerjaan terpendam yang sudah lama hilang, karena bertemu seseorang juga sih. Saya jadi back to menggambar. Dunia perkuliahan membuat saya menyadari, bahwa salah jurusan itu ada untungnya juga, bisa ngasah skill desain kembali. Jadilah Master eh bukan, HPD abadi terlekatlah pada diri saya sepanjang saya dikampus.

Saya jadi suka gambar, dan tetiba punya cita-cita punya percetakan.

Dan hari ini saya menyadari kekurang kerjaan saya selama ini. Ketika melihat Mahasiswa DKV bikin pameran karya atau displaynya, sejak lama saya sudah satu-persatu melakukan apa yang sekarang mereka pamerkan. Sayangnya saya bukan mahasiswa DKV :(

Saya sering mengaplikasikan hasil karya saya dalam bentuk frame, pin, de el el
Saya juga suka bikin hal-hal yang kurang kerjaan, semacam bikin notes sendiri. Rela jauh-jauh jalan, turun angkot demi ke percetakan lalu menyambung ke fotocopy-an termurah buat jilid haha

duh kurang kerjaan yak.
Atau merancang sesuatu sendiri biar lebih hemat /ah gue mungkin kreatif wkwk/

Yah, begitulah. Kadang-kadang saya mengerjakan banyak hal yang memang kalau dipikir-pikir lagi kurang kerjaan sih. Emang hehe..

Selamat bekerja! 
Semoga bermanfaat setiap langkah kerjaannya~ 
semoga pekerjaan-pekerjaan yang tertunda cepat selesai~ 

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA