Bumi Cinta

By Nayla Nuha - Mei 18, 2010


alhamdulillah, akhirnya hari ini saya bisa nyelesain baca buku bumi cintanya kang abik. *dapet minjem?* ih, engga, ini mah punya senidiri doong, dikasih waktu ulang tahun saya itu :P makasi banyak ya yang udah ngasih :)

ehem, langsung kita masuk pada tokoh utamanya. Masih khas dari ceritanya kang abik, tokoh utamanya pasti seorang ikhwan a.k.a laki-laki. sama kaya buku-buku sebelumnya, seorang mahasiswa indonesia di negeri orang, dan sekarang ceritanya ada di negeri RUSIA!

Nama sang ikhwan ini Ayyas, lengkapnya Muhammad Ayyas. Tujuan dia ke Rusia buat nyelesain penelitian tentang Islam Era Modern di Rusia. awalnya, saya ga terlalu tertarik baca bab-bab depan, hanya basa-basi ga penting *hee* dengan teman lamanya di Rusia, nyeritain wajah-wajah wanita rusia yang katanya, ga ada yang jelek satu pun.

Teman Ayyas, orang Indonesia juga, namanya Devid. Peringgainya beda 180 derajat dari Ayyas sebagai muslim yang taat. Devid hampir tidak mempercayai lagi adanya tuhan, dan lupa bahwa di KTPnya status agamanya masih ISLAM. Kehidupan Devid di Rusia hampir sama seperti orang Rusia yang kebanyakan tidak mempercayai tuhan dan kebudayaan-kebudayaan barat lainnya.

Teman lama Ayyas memilihkan apartemen untuk Ayyas di jantung kota Rusia, Devid sengaja memiilhkan apartemen yang sekamar dengan dua wanita Rusia, Linor dan Yelena.

Hm, inilah awal mula ujian bagi Ayyas. Tinggal bertiga dengan dua orang wanita dan dirinya adalah seorang muslim yang taat. Seperti laki-laki lainnya, Ayyas tak luput terpesona melihat kecantikan wanita-wanita rusia yang begitu cantiknya. Namun, dia selalu menyelimuti hatinya dengan selalu beristigfar, tilawah, membaca hadist dan tafsir, membaca fiqih dan mengingat-ingat pepatah kyainya di pesantren sebelum dia kuliah di Madinah.

Ternyata, ujian yang Allah berikan kepada Ayyas begitu berat. Akhirnya Ayyas tahu kalau Yelena adalah pelacur ulung di rusia, sementara Linor setahu Ayyas seorang wartawan yang juga tidak beda sifatnya dengan Yelena. hmmm...

Tokoh lainnya yang diperkenalkan disini adalah seorang doktor muda bernama Anastasya. Dia ditunjuk oleh pembimbing ayyas menggantikan sang pembimbing. Setiap kali bertemu dengan doktor, jantung Ayyas selalu gugup. Ayyas sendiri mengagumi Anastasya sebagai seorang doktor muda yang sangat cerdas, sayangnya Anastasya sangat berpegang teguh pada keyakinannya, seorang katolik.

Yang buat saya kagum, beribu kagum dan berkata bahwa ini tokoh sangat keren adalah..

Ayyas memberikan pengaruh besar bagi oarng-orang di dekatnya. Begitu hebatnya pemahaman agama yag dipelajari Ayyas, sehingga ketika dia ditanya macam-macam 'Mengapa Islam harus begini', dengan santai dia tuturkan semua, yang membuat semua orang yang bertanya itu tercengang!

Waktu Ayyas diminta hadir dalam sebuah seminar membahas tentang TUHAN, dia bisa menaklukkan tokoh rusia yang atheis. Ayyas memberikan penjelasan yang sangat mengagumkan yang membuat tokoh atheis itu mati kutu di depan peserta seminar. wuuaa keren.

Saya jadi tahu, macam-macam atheis.

Ketika dalam seminar yang membuat mati kutu penganut atheis, Ayyas jadi sering diminta tampil menjelaskan tentang Islam. wuuaa, seorang indonesia bisa menaklukkan pemikiran orang-orang Rusia.

Nah, bagian ini saya merinding banget. sedih, terharu, takut, kasian.
Ini cerita tentang Linor. Linor hanya tahu dirinya adalah seorang Yahudi tulen, karena ayahnya bekerja sebagai zionis Israel membantai Palestina. Akhirnya, Linor sangat membenci Islam termasuk Palestina. Di Rusia, dia adalah bagian dari Zionis di Rusia, berhubungan dengan mafia-mafia yang ganas di Rusia.

Linor pintar sekali bererkayasa, dia sangat cerdik. Dia pandai menyamar. Dia punya 5 paspor yang berbeda untuk pergi ke lima negeri dengan nama yang berbeda, tetapi kompotannya hanya mengetahui Linor memiliki 4 paspor. 1 Paspor yang disembunyikan Linor adalah paspor menuju Ukraina, dan saat itu Linor pergi menemui Ibunya di Ukraina.

Di Ukraina, ibunya menjelaskan sesuatu yang menggetarkan hati Linor. Awalnya, Linor disuruh melihat peristiwa pembantaian di Palestina, namun hatinya masih seperti batu yang sangat keras. Dia melihat prilaku aneh ibunya yang membaca Al-Qur'an yang bercerita tentang Palestina yang sebenarnya Linor sangat membenci semuanya. Ketika Linor melihat ibunya Shalat, akhirnya ibunya memberitahu keadaan sebenarnya kalau ibunya ini adalah seorang Muslimah. Ibunya akhirnya membeberkan semuanya, sejarah kelahiran Linor.

Nah, nah. ini terkejut seribu terkejut!

Linor ternyata bukan anak kandung ibuunya yang seorang dokter relawan. Ketika ibunya meminta Linor menyaksikan peristiwa Pembantaian Palestina itu, dia membeberkan suatu rahasia besar, bahwa Linor adalah seorang Palestina, lahir dari rahim penduduk palestina sebagai seorang Muslim. Meleleh air mata Linor yang tadinya membeku melihat video tersebut, kemudian dipandangi wajah ibunya, Salma. seraya menangis, bingung, kenapa ia begitu benci dengan Palestina semnetara dia adalah keturunan Palestina.

Berbagai cara ditempuh Linor yang akhirnya pergi ke Jerman untuk memperdalam Islam.

Nah, cerita Ayyas? hmm kagum deh saya sama tokoh ini. Di Rusia dia sempat terjebak dalam penuduhan pemboman di Hotel Rusia. ini sebenarnya adalah rencana Linor mengkambinghiitamkan Ayyas sebagai pelaku pemboman, tapi semua rencana Linor gagal total. Linor di Ukraina juga tahu semua itu telah gagal.

Di Rusia, Ayyas sedang menghadiri acara Talk Show live di sebuah stasiun televisi ketika terjadi pemboman, nah gara-gara alibi yang kuat ini, Ayyas terbebas dari tuduhan sebagai teroris.

Suatu waktu, ayyas pernah menolong Yelena teman apartemennya yang sekarat di pinggiran jalan, Yelena sudah dalam keadaan kritis dan harus diamputasi telinganya karena sudah beku terkena salju. Disini, Ayyas menjelaskan pada Yelena yang atheis betapa berartinya Tuhan. Ia mengingatkan bahwa ini semua pertolongan Tuhan, bukan dirinya.

Lamban laun, ketika Yelena banyak mendengar seminar-seminar Ayyas yang menentang atheis dan menjunjung tinggi Islam, Yelena mulai percaya adanya tuhan kembali.

Devid, temannya, seketika menjadi insaf, ingin bertaubat. Tapi peringgainya, yang selalu membutuhkan wanita tidak bisa ia hilangkan. Ayyas pun memberi usul bahwa Devid harus segera menikah saja. Awalnya, Devid ditawari menikah dengan anak Imam besar Rusia bernama Aminet, namun dirinya merasa tak pantas bersanding dengan Aminet. Banyak sudah dosa yang dilakukan Devid. Akhirnya dia memutuskan menikahi Yelena. Yelena pun sama, dia membutuhkan pasangan yang setia. Yelena bersedia mengikuti jejak Devid sebagai seorang muslim dan Yelena ingin membuka lembaran baru dari masa lalunya yang suram, alhamdulillah... Yelena menjadi muslimah juga :)

nasib anastasya saya gatau. terakhir diceritain, dia masih mengharap Ayyas menjadi suaminya, namun dia kan seorang katolik yang taat -__-

berbulan-bulan semu teman Linor di Rusia tidak tahu kabar Linor. Linor sekarang sudah berganti nama menjadi Sofia, nama yang diberikan ibu kandungnya ketika ia lahir :)

Akhirnya Linor a.k.a Sofia, memutuskan kembali ke Rusia untuk menemui Ayyas. Ayyas sendiri terkejut ketika bertemu dengan Sofia yang tampilannya berbeda sekali, semuanya Sofia menjelaskan kepada Ayyas, tentang profesi dulunya menjadi Zionis Israel kemudian perjalanan hidupnya mencari Islam ketika tahu bahwa dia adalah seorang Palestina.

Akhirnya, Sofia meminta Ayyas untuk menjadi pedampingnya. Ayyas masih ingin mempertimbangkan jawaban apa yang akan ia beri pada Sofia. Ia berjanji besok akan dia jawab setelah beristikharah pada Allah.

Endingnya tragis, -__-
ketika Sofia keluar apartemen Ayyas yang baru, Sebuah tembakan terdengar di sudut jalan, Sofia langsung jatuh tersungkur bersimbah darah. Tak ada orang yang memperdulikannya ketika Ayyas berlari menhampirinya. Ayyas menyesal belum menjawab pertanyaan Sofia. Tiba-tiba saja Ayyas merasakan kehilangan yang amat sangat, seperti kehilangan belahan jiwanya. Ayyas menangis sepanjang perjalanan menyelematkan Sofia ke rumah sakit, berdoa demi Sofia. Namun, Sofia sudah kaku, detak jantungnya tak berdetak lagi :'(

okeey, inilah bumi Cinta. Bumi yang penuh cinta yang mulia dengan Islam. Banyak terkandung ayat-ayat Quran yang waaaw.. *beruntung saya udah khatamin baca terjemahannya* :P


Ini menjadi novel pembangun jiwa bagi siapa saja, yang masih meyakini islam hanya sebatas Ibadah saja atau menganggap Islam hanya di KTP. Membuka pintu-pintu hidayah di renungan-renungannya, Membuka semangat dan bangga menjadi seorang Muslim!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar