ternyataa magang

By Nayla Nuha - Februari 18, 2010

yang pertama diucapin tentang kesan kerja itu ternyata : CAPE! aseli cape banget.

okeey, saya mau cerita tentang pengalaman magang saya yang waktu magang akhirnya berakhir dua minggu lagi. Harusnya tanggal 11 Februari ini udah selesai, tapi saking cintanya mereka sama saya dan dua temen saya itu, waktu kita magang diperpanjang dua bulan. heuheu.

saya sama dua temen saya itu *siapa lagi kalo bukan intan sama nurul* magang di sebuah LSM yang namanya YASMINA (yayasan aspirasi muslimah indonesia), adanya di Jl. Johar Raya No 38, Kedung Waringin - Tanah Sareal, Bogor.

Pertama masuk, udah dikasih pengarahan dan iming-iming kita bakal dikasih kerjaan yang sesuai jurusan kitaaa.

terus kita dikasih basecamp sendiri di rumah toodler. ada ruangan khusus buat kelas anak-anak kecil.

Okey, dijelasin sedikit tentang LSM itu, udahjelas dengan perincian, bahwa kebanyakan anggotanya adalah perempuan, LSM ini bergerak dalam bidang pemberdayaan perempuan, dari mengurusi sosialisasi tentang ASI dan segala permasalhan ibu dan wanita, survei ke berbagai tempat dan mengajak ibu-ibu berkreativitas. Ada juga program mereka baru-baru ini yang membangun sarana air bersih dan bekerjasama dengan AQUA. aheeey, jangan salah ... YASMINA punya banyak penghargaan, ada juga yang dari luar negeri looh :) waa, kereen kaaan?

Minggu pertama masuk, diem di basecamp terus ada problem gitu sama pembimbing siswa magang, alhasil pembimbingnya diganti deeh -,- waah, itu mah serasa udah ga smangat idup. eeh, tapi akhirnya suasana bisa kembali tenang di minggu kedua dan seterusnya...

terus kerjanyaa apaa?
yeaah! ditanya kerjaan banyak, yang pasti engga yang aneh-aneh semacam ngepel, nyapu ataupun cuci baju *loh?*


Pertama, kita buat layout isi buku ASI yang ternyata itulah biang permasalahan sang pembimbing, karena kenyataannya, kita sama sekali gatau buat layout isi pake software COREL DRAW. akhirnya, saya otak-atik sendiri deeh, bisa jugaa, agak sulit tapi berhasil dalam sehari! kemudian ada revisi, dan lagi-lagi saya yang kerja buat gambar illustrator buku :)

Lain halnya sama temen saya, kalo saya ngurusin layout buku, temen saya buat poster tentang AIR, Setelah diteliti lebih dalam, pekerjaan POSTER yang dimintai tolong oleh BU NISA, ternyata ada 9 POSTER yang musti dibuat.

Nah, selesai buat layout?

buat POSTER AIR juga, saya ambil kerjaan temen saya yang HEMAT AIR, ada juga yang bikin poster DEMAM BERDARAH, MALARIA, LIMBAH, dan saya bikin juga yang PENGELOLAAN SAMPAH.

hmm, masuk ke minggu selanjutnya, saya bersama intan punya proyekbaru :D hooree...

kita dipercaya untuk mendesign BUKU KENANGAN TK! aseeek, design! paling napsu saya sama design! jangka waktu pembuatan design cukup lama, karna kami musti cari referensi gambar lucu, serta menyusun konsep dan mengatur halaman serta foto-fotonya. huft, akhirnya dua minggu selesai jugaa :)

Oh iya, selain itu juga kita dapet tugas yang sama sekali ga berhubungan sama komputer, yaah, itulah jadwal hari jumaat, engga tau kenapa kalo hari jumat yang kita bertiga selalu seragam pake baju HITAM ICC, selalu dapet kerjaan kaya gitu, tapi tak apalaah :) di bawa have fun aja hari jumat!

Okey, belum selesai buat buta, kita pindah dari basecamp ke kantor! yeaah! akhirnya bergabung juga dengan orang-orang kantor. hmm, jadi bisa internetaan meen!!

selesai bikin BUTA (Buku Tahunan) ternyata program buat website kembali melayang-layang di otak kami (aargh) serta bikin flash. ahaay, dua bidang itu sya jadi stress, apalagi saya dikasih kerjaannya tuh bikin web, ngotak-ngatik script yang kadang begitu membingungkan!

Tapi dengan kegigihan hati dan otak yang cerdas *ting.. ting* akhirnyaa berhasil juga saya ngotak-ngatik halaman web.

setelah pindah ke kantor, kerjaan kita malah tambah banyak, ada minta ajarin inilah, itulah, hmm... bakat juga jadi guru saya :)

kita dapet kerjaan bikin banner juga, 3 BANNER dan 3 WEBSITE! ada juga EDITING FILM! waaw keerjaan ternyata banyak.

dan sekarang, sampe sekarang yang waktunya tinggal seminggu lagi, saya masih berkutat buat design web serta isinya, gatau deh, nanti kalo kita udah out dari situ, gimana terusan web kalo belom kelar -,-

Daaan, ternyata buat flash itu mudah dan mengasyikkan pemirsa! dulu-dulu sayeu males sih buaat, jadinyee gabisa-bisa, tapi akhirnyaa, alhamdulillah bisaa!

okeey, kerjaa sebanyak itu cape! ASELI CAPE *noh, pernyataannya diulang lagi dah*
sampe-sampe dua hari saya pernah izin gamasuk.

daan, tanggal 10 Februari lalu, ada kejadian langka yang bikin geger seisi kantor, banyak yang keracunan ikan TUNA! waw, waw. dan efeknya saya ngerasain, karena saya makan tuna ampe 3! wuaaa!! padahal niatnya tuh takut mubazir, malah  kena racun.
Rasanya ga enak banget, muka merah, mata merah, kepala nyut2an, perut mual. aargh segala macam adeu ajaa...

Sekarang, suasana semuanya jadi beda, kalau awalnya kita canggung untuk muter-muter, ngorbol2 sama karyawan, sekaraang kita malah gila-gilaan dan rame-rame sendiri di ruang kerja kita :) hahaaa.

ada permainan baru, main di kolong meja, main di kursi muter-muter *ketauan noraknya*, main sama anak-anak SD, masuk lewat jendela.

Daan, kebiasaan sekarang di kantor adaalaah, JAJAN! horee, setiap jam 10 atau sekitar jam 2-an pada jajan di kantin, dan tak lupa mencuci piring setiap hari :), kadang juga di kantor suka ngejepret listriknya, kadang juga suka tampang muka bete atau ketawa-ketawaan sampe guling-guling, garuk-garuk lantai dan semedi di kolong meja *itu mah sayeu ajaa kali*. Tak lupa juga untuk internetan sepanjang hari sambil ngerjain kerjaan. waah, bener-bener sibuk kaan...


Sesuai riset secara tiba-tiba yang saya adakan menunjukkan :

1. Ternyata karyawan disini, pada suka main game di FB! contohnya aja PAK NUR, BU EFI, BU EVA

2. Ternyata karyawan disini banyak juga yang punya FB *ganyangka banget saking famousnya facebook*
mereka diantaranya : BU EFI, PAK NUR, BU EVA, BU WINA, BU TAMI, BU RIKA dan BU NISA.. ada juga yang laen sih, kaya direkturnya YASMINA. aah, masih banyaak deh

3. tahukah film THE GREAT QUEEN SEONDEOK?
yaap, film yang seru banget plus sya ngefans bngt sama film itu, para karyawan di YASMINA ternyata banyaak yang sukaa, dan saya dipinjemin DVD QSD sama BU NISA!

4. kita dapet pinjaman buku yang seru-seru, dan ternyata dua temen sya ketularan baca buku TETRALOGI LASKAR PELANGI karena penasaran!



huaah, ternyata setelah dipikir-pikir, kalau kita udah kelar magang, pasti mereka pada kangen sama kita, yang jiwa anak mudanya masih keliatan, yang suka nge-plurk di waktu senggang, yang bisa bantuin mereka buat mke komputer :'( huhu...

eh engga ding, saya juga pasti kangen sama moment-moment duduk di kursi goyang, beli yoghurt atau ngambil makan serta nyuci di dapur, kengen sama komputer yayasan lebah yang dipinjem dan serba berguna, kangen main di kolong meja, kangen ketawa-ketawa sama BU RIKA, heeuu... ga nyangka udah mau berakhir dan banyak kerjaan yang bermanfaat dan beda sama anak-anak lain yang magang :)  alhamdulillah, jadi bingung nulis laporan mau milih kerjaan yang mana, hihiihi


sudahlh, akhir kata
ALHAMDULILLAH lagii
udah cape nulis,
udah cape mata
udah cape badan
tapi yang musti dingaat ternyata KERJA ITU CAPE.


*capek tapi dapet ilmu dan hikmah serta pengalaman kaan?*
(iyeee!)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar