Mulai Darimana Puisi?

By Nayla Nuha - Februari 04, 2010

Mulai dari mana saya mampu membuat puisi?


Saya mulai buat puisi dari SMP kelas 1, itu pun cuma lagi bosen karena biasanya saya buat-buat cerita pendek. Niatnya hanya coba-coba menyingkat kata menjadi diksi yang waktu itu sama sekali tak indah untuk dibaca -,-

Kemudian, saya jadi gemar baca-baca macam-macam puisi di majalah ataupun di internet.


Waktu kelas 1 ada lomba menulis puisi, iseng saya coba daftar dan ikutan. Eh, alhamdulillah tema puisi itu tentang BUNDA dan saya dapet juara 1. Senangnya luar biasa, karena ga nyangka puisi saya bisa menang. Semenjak itu saya jadi rajin nulis-nulis puisi.

Masuk ke kelas 2 SMP, saya kenal sama sebuah band indonesia bernama LETTO. kemudian, saya mengenal album pertama mereka, setelah ngedenger dan memahami segala lirik lagunya yang ternyata menyentuh banget dan kaya akan diksi, akhirnya saya jadi suka banget nulis puisi.


Entah, karena sesuatu hal di hati saya ini *wekekee, geje* saya makin tambah suka bikin puisi. (hayoo, biasanya orang jadi suka bikin puisi gara-gara apa yaa? :) hehee)

Masuk ke kelas 3, saya mulai buka-buka banyak situs yang nyediaain kumpulan puisi, saya pelajari satu-satu puisi-puisi mereka, diksi yang dipakai serta menangkap pesan yang tersirat dalam kumpulan diksi indah tersebut.

Sebelum lulus SMP, saya ikut dua perlombaan di SMANLI. apalagi kalau engga lomba nulis puisi? dan lomba yang kedua kalinya saya baru meraih juara 3. naah, dapet juara jadi memacu saya buat nulis puisi lebih banyak lagi, dan lebih indah lagi :) akhirnya saya berhasil beli sebuah buku tulis dan isinya semua puisi saya :D hehehee

Masuk SMA saya jadi rajin bikin puisi dan posting ke blog saya, sampe-sampe saya ngumpulin puisi sekarang udah ada 106 puisi!

Ternyata, semakin saya banyak belajar dan mengasah diksi, bertemu banyak orang-orang hebat yang puisinya luar biasa, ketemu saya orang-orang yang banyak nge-support saya dan banyak ngedatengin inspirasi :)

huft, beginilah perjalanan sayaa dan puisi-puisi saya. heuheu,



sekarang saya lagi buntu inspirasi -,- beneran buntu, banyak pikiran jadi gini deeh, ga ada waktu tenang buat merenung dan mengkhayalkan keindahaan -.-

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar