Perjalanan ditengah Rinai

By Nayla Nuha - Januari 10, 2010


Baru beberapa hari berkecimpung di dunia jalanan yang katanya keras itu, saya menyadari betapa banyak kenyataan yang terungkap disini, kisah yang belum didengar, keluhan yang belum didengar, prilaku yang belum pernah terbayangkan, dan ragam harap yang terbuang.

ada apa?

hahaha, pengalaman yang tidak diduga. suprised banget! wakakaaa...

gatau ini mau dibilang pengalaman yang malang, atau menyenangkan. yang pasti saya bilang pengalaman ini pengalaman baru! waaw

dimulai dari.. *jengjeeng* : Sabtu, 9 Januari 2009!

saya sama dua partner saya dalam pembuatan film dokumenter rencananya akan melanjutkan misi kita. partner saya masih yang dua itu looh : intan dan nurul. akan tetapi intan malah sakit. yo wis saya dan nurul saja yang pergi. kita menargetkan nyari 'korban' film kita *jaah, korban* di tugu kujang.

okeey, jam 8 udah janjian di merdeka. daan kita ternyata sama-sama pake baju pink! hahaaa, padahal engga janjiaan looh!!
kemudian melaju bersama-sama ke tugu, sampe tugu sekitar jam 9-an. awalnya kita survei alias hanya memantau di suatu sudut tempaat. daan ooh, ternyata tak jauh dari tempat kami duduk, disana telah bertengker bapak-bapak dengan rokoknya *pagi-pagi udah ngerkok gni pak?*, eh tak lama kemudian saya baru menyadari bahwa bapak ini ternyata gilaaa! -,- OMG gimana ini? dia daritadi senyum-senyum sendiri meen.

Tak lama kemudian, ada bunyi teriakan. Menggelegar di pinggiran jalan. ngeeek, ORANG GILA lagi? duuh, sekarang ini orang sinting koo makin banyaak aja yaa? huft.

beberapa saat kemudian, setelah ngerekam beberapa adegan di pinggiran jalan, kita bergerak menuju tugu. menawarkan sesuatu pada tukang koran,sayangnya beliau gak bisa diajak jadi 'korban' lantaran masih sibuk ngejar setoran koran.

kemudian kita berjalan, menuju sudut lain sekitar tugu. ada beberapa pengemis, dan saya ngeliat kejadian yang miris banget, ada ibu-ibu yang kakinya ga ada satu :'( huhuu, ada juga yang jalan-jalan di jalanan sambil gendong anaknya, dan dia tersenyum pada saya. kenapa mereka cari pekerjaan pengemis gini? yaap saya langsung ambil gambar mereka 3 menitan, hmm. pekerjaan di jalanan ini memaaang yaa? kasiiaan -.-

akhirnya, kita mendapatkan satu 'korban' di kawasan tugu, bapak-bapak tukang cukur. yees! yees!

nah, karena tanpa tersadar hari sudah sangat siang, kita mulai menuju terminal. MAU NGAPAIN?

oooh, iya satu lagi belom diceritaain agenda hari itu :
MENJEMPUT PANITIA WEBS dari BANDUNG.

siapa namanya?
Wawan Cahya a.k.a Kelinci *loh?*

karena terminal dari tugu lumaayaan jauh, yasudaah bersabarlah dalam berjalan kaki *ah, sudah berlakangan ini saya dan teman-teman seperjuangan menyusuri jalan demi tekad!*

nyampe sana langsunglaah kita kontak-kontak sama dia, eeh ternyataa... dia masih jaauh sampai ke terminal -.- akhirnya setelah sekian lama menunggu di terminal, yang ternyata hiruk-pikuk serta segala sesuatu disini benar-benar 'real'. ada banyak asap rokok, orang-orang yang seenaknyaa. daan PAK POLISI! ohh yeeah, ternyata POLISI ko kelakuannya gitu ya? ga mencerminkan sebagai seorang polisi yang terlihat bijaksana! :( ternyataa kenyataan memang begini pemirsa!

kembali ke soal menunggu. akhirnya temen saya kelaperan dan mengusulkan untuk pergi ke rumah sodaranya ga jauh dari sini, katnya dia bilang naik angkot cuma 1000. eeh, dia berdusta pada saya, pas bayar, ama abangnya dikasih kembaliaan 1000 dari uang 5000! aargh!!

ternyataa, pergi kerumah sodaranya kita dikasih makan, di sekitar STASIUN TAS itu ada kantin, dan disana sodaranya jualan. jadi makaan gratis siaang itu! hahaaa.

disana lumayan lama, dan akhirnya rinai turun, makin lama makin deras dan orang dari bandung itu belum juga tiba di terminal.

iyee, semakin lama semakin deres. bogor gitu! hujaan terusss...
jam setengah tiga baru kita nekat balik ke baranang siang lantaran orang yang dari bandung itu udah tiba! nekaat sampe sepatu basah, baju basah dan payung pun basah.

hal tak terduga ternyata datang ketika kami sampai di BOTANI SQUARE. payung saya pataah 2 tiaangnyaa! aargh alhasil basaah kyup dah bajunya.

sampai depan pintu, kita kontak-kontak lagi. eeh, dia langsung nyari dua orang pake baju pink. keteemu deh, dari kejauhan dia nyengar-nyengir. hihi, ini pertemuan kita pertamaa pemirsaa! saya ketawa-ketawa aja sendiri. kemudian, dieem... terus ngobrol sedikit... abis gitu ke mesjid.

setelah itu, kita langsung punya janji sama seseorang yang ngasuh les anak-anak yatim, dipanggilnya UNI.

setelah sholat barulah kelokasi, huft jauh juga kasiaan temen saya yang dari Bandung, baru dateng udah ngunjungin anak-anak, dia belom makaan lagi -.- haahaaa.. dia janji koo ke kita mau nraktir kita makan :)

selesai mengunjungi anak-anak jam 17.30 huaa udah mau maghrib! dan jam 17.30 kita jalan ke belakang terminal, makan di kaki lima, di traktir! daan tahukaah kaliaan? *enggaa* disana ada dua kucing! huaa, saya takut minta aampuun! huaa, saya kan paling takut sama kucing, alhasil saya ngomong mulu *sekalinya tereak-tereak ketakutan* hidup sya jadi ga tenang gini ada dua mahluk menyeramkan itu!! aaah, dua temen saya itu cuma ketawaa ama kesel sendiri garagara saya. hahaaa

daan, hujan deras kembali mengguyur. huft, kapan pulang ini? payung rusaak gini. tapi kasiaaan nih temen saya yang dari bandung ini, udah malem pasti nyari bis ke bandung susaah. kita berteduh lagi di depan tempat pangkas rambut, menunggu reda. setengah jam kira-kira.

terus jalan ke terminal, ngobrol dulu sama temen dari bandung. kan kasiaan ntar dia ga bisa pulang gimana? terus ujan kembali gede. saya sama nurul berpish saja dengan doa biar dia dapet bis. hujan gede, akhirnya kita memutuskan buat manggil 'Ojek payung' . yaah, di jalan kita kembali bertanya sama sang penjual payung yang kebetulan anak kecil.

Kasiiaan, ujan-ujanan dari sore buat ngais rezeki. Kata anaknya, orang tuanya udah ngizinin koo. huft aneeh bangeet yaa, ternyata kehidupan jalanan itu memang keras!

sampailah di mesjid, kemudian shalat maghrib dan pulang. ya allah, saya barulooh pulang selarut ini seorang ini. Temen saya yang dari bandung alhamdulillah akhirnya dapet bis juga :) kemudian nurul pulang sendiri dan saya naik TRANSPAKUAN. huft basaah kuyup...

alhamdulillah, perjalanan lancar walau hujan. sampai rumah jam 20.30 *WAAAW GILAA* untung saya ga kenapa-kenapa pulang malem, yaa... walau kaki udah keriting semua gara-gara kerendem aiiir. dingiin bangeeeeet!!!

sampai rumah, langsung kontak-kontak temen-temen saya. kalau dengan selamat saya pulang *sepenting itukaah? hehe*

daan, alhamdulillah juga temen saya yang dari bandung itu, sampai bandung tengah malem, setelah diturunin angkot pas dia baru bangun tidur. hahaaay kasiiaan jugaa yaa :(



"Berkecimpung di kawasan jalanan, segala realita kehidupannya, merupakan pelajaran baru yang bisa kita petik dan pengalaman baru yang bisa kita ceritakan kepada yang laiinnya! saya sukaa perjalanan liburaan ini! walau sangat melelahkan -,-"

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar