Bukber Ramadhan Tahun ini

by - Juni 26, 2016

Saya putuskan Bukber di Ramadhan ini hanya 2 kali saja. 

Bukber, buka puasa bareng, dua-duanya yang disetujui dan dihadiri enggak jelas-jelas amat semua.

Pernah ada satu undangan bukber yang pertama, sama temen-temen di Nuraniku UNJ. Tapi akhirnya batal, soalnya emang gak fiks-fiks amat. dan tepatnya faktor malasy karena jauh uh uh di Jakarta ~

Akhirnya satu undangan dipenuhi dengan berbagai macam gejolak di hati, yang akhirnya ngalah lagi sama label 'silaturahmi dan pertemanan' dan naasnya tempatnya di Jakarta. Berlabel bukber sekelas JBSA Reg B, padahal yang join itu-itu doang, dan pada akhirnya cuma tersisa 6 orang yang beneran datang =.= Tadinya mau pindah haluan yang dekat akses kereta dan mungkin lebih dekat, tapi pagi itu akhirnya fiks ditempat awal.

Hari itu, sebenarnya dari siang mau janjian sama salah satu orang temen yang udah kangen banget sama saya, tapi pas mau berangkat banget, badan nyeri-nyeri kayak gejala datang bulan (padahal mah engga datang -.-) yah gitu deh~ akhirnya batal pemisra~

Tapi, gitu-gitu kuusahakan datang bukber, karena sore kan ya, pas bangun tidur badan jugak udah agak mendingan.

Janjian disana katanya jam set5. Dengan perkiraan waktu dijalan, dan persiapan dari pagi (Olahraga, bikin artwork Ramadhan dulu dll), saya akhirnya berangkat jam 2 (tadinya) tapi ngaret jadi jam set3, dan dapat aptb sekitar jam segitu. Jam segitu di hari Rabu, jalanan sudah terhitung macet dan panas aseli pakek banget.

Perkiraan sampai jam set5 meleset, nyampe jam set5 kurang, dan yang bikin kaget itu ternyata sekarang APTB gak lagi berhenti di halte, agak berubah juga jalur yang dilewatin, tapi semua teratasi setelah nanya temen yang suka naik APTB juga hahah.

Ngadem di Rabbani Rawamangun sudah jadi rencana sejak awal. Sambil nunggu kabar orang-orang itu. Jengjeng selesai shalat Ashar, ada chat-chat masuk :
"Gue kayaknya datang jam 5an deh, ini baru jalan"
"Gue juga nih kayanya jam 5an,"

what -_-" kenapa daku selalu jadi orang yang ontime. 

Tapi pemisra, lewat jam 5 pun mereka gak ada kabar. Naasnya, saya juga gak tau itu tempat bukbernya wwkk, dan ceunah gak usah pakek booking dulu~ tau ndiri kan kalau bukber tempat makan pada penuh manusia kelaparan. Pokoknya saya gamau tau, rasanya pingin pulang lagi aja gitu ya, kayak gajelas gini T^T

Akhirnya satu teman saya (yang juga ga ngerti tempatnya datang), lalu kami berjalan-jalan kesana kemari di tengah hiruk pikuknya kemacetan Jakarta kayak orang hilang, udah mau masuk waktu berbuka juga. Dengan intuisi akhirnya ketemu tempatnya, soalnya semua petunjuknya dari orang-orang salah wkwk.

Menjelang maghrib dua teman saya, yang naik motor, nyampe. Kita bingung dong wkwk, baru pertama kali juga kesini, untungnya diatas masih ada tempat, entah lah emang lagi baik ownernya, padahal itu tempat udah ada tulisan 'reserved'nya wkwk

beberapa menit kemudian, 2 teman saya tiba juga. entah mereka tau darimana tiba-tiba udah nyampe tempatnya. Menu yang ditawarkan juga biasa aja sebenernya buat ukuranku yang emang gak doyan makan macem-macem pas berbuka. Cukup air putih aja sebenernya cukup. Dan menu yang dipilih lagi-lagi soto. Biar aja dicibir, "masa jauh-jauh makan soto lagi, soto mie lagi, bogor kan banyak" ~ syalalala~ bomatlah maunya yang kuah XD

Tapi bener deh, ini yang paling cepet datang makanan saya, yang lain, pada nunggu sampai sholat maghrib dulu cuy! Karena kita datang udah mepet maghrib, jadi sesi ngobrol2 itu gak berasa banget, jadi kayak ngobrol bentar, makan, sholat dan pulang. *soalnya gue ngetag pulang jam 7 wk* Ga asik? Emang! Makanya jangan bukber haha

Di acara bukber yang cuma ber6 ini, terbentuklah satu rencana : Jalan-jalan ke Bandung. Oktober. masih lama cuy, awas pada nabung ye!

Alhamdulillah lagi, pas mau pulang hujan *loh basah dong* gapapa dong~ seru, ditambah lagi, APTB cepat datang :"" duh pertolongan Allah itu sesuatu banget ya :"D sampai rumah jam 9an.

----------------

Bukber kedua yang disetujui adalah bukber sama temen SMK. Temen main, bukan temen sekelas juga sih. Temen sekelas yang bareng-barengnya pertahun beda-beda. Tadinya, hari itu ketika mau konfirmasi, ada wacana dibatalin, tapi akhirnya dijadin juga, dan cuma ber4. Tambah dikitlah. Agak males sebenernya pas tahu dibatalin tapi ga ada kabar, dan eh malah dijadiin lagi. Tapi berhubung Tria semangat banget pingin bukber, yaudahlah ayok-in aja.

Hal yang sama terjadi pemisra. Tapi kali ini saya bukan jadi orang yang ontime. Tapi Tria yang nungguin di Halte TP wk. Hari itu hari jumat, dan pastilah jalanan sore lebih macet daripada hari biasa di hari biasa lainnya. Ya, jam 4 lebih kami naik TP, jam 5 jarak masih jauh aja.

Alhasil, kita terlambat lah. Dan 2 teman saya itu, baru pulang dari tempat kerjanya sekitar jam 5 juga. dan salahnya, mereka juga gak booking.

Yang ini lebih gaje.
Padahal kita ini udah pada kerja~ tetep aja gajelas kayak anak SMA dulu ye wkwk
Kehabisan tempat cuy, dari sore kayanya orang-orang di kota ini niat banget duduk anteng di tempat makan yang makanannya aja belum dimasak ~.~ miris

Dua teman saya itu bawa motor, tapi yang beneran bawa motor cuma satu. akhirnya saya sama Tria nunggu gajelas di pinggir jalan sambil sedikit-sedikit ngomel dan mengutuk diri 'kenapa gue harus datang bukber ini' dan dua orang lainnya nyari tempat makan lain. Entahlah sepertinya mereka maunya makan berat semacam makan 'bebek goreng' ye. dapat satu tempat, eh malah gajadi.

Setelah maghrib (yang bukanya di supermarket beli air dan makan kurma bekel), akhirnya jalan jauh~ dan saya yang memutuskan kegalauan hati mereka. Makan di 'Nasi Goreng Mafia' padahal sebenernya gue gak sukak sih beli nasi goreng haha.

Kita pesan, sambil nunggu sholat. Selesai sholat makanan datang, sedikit ngobrol-ngobrol jugak, dan bawaan gue pingin pulang aja hahaha..

Bener deh ya, ini bukber dua-duanya gajelas gitu =.= niat hati mau silaturahmi juga gak kesampean-kesampean amat, karena pulang malem naik angkot itu gak enak cuy, dan saya ini bukan anak yang suka keluyuran sampai tengah malam.

Tapi, dari dua bukber ini, ada banyak hal yang saya pelajari pelan-pelan. Karena dua-duanya adalah bukber teman-teman yang dulu dekat dan sekarang jauh karena jalan mereka masing-masing. Mari disimak, bukber kali ini dapet apaan sih?

1. Waktu yang selalu gak ontime 
Janji buat janjian adalah janji yang gak bisa dikatakan kalau gak terlaksana disebut 'ingkar janji' karena janji waktu disaat janjian ketemuan itu adalah hal yang lumrah bagi orang Indonesia. ngaret

Akibat ini, luntang lantung dijalan, menghabiskan waktu, dan gak dapat tempat makan

2. Harus booking dan nyari tempat makan
Buat orang kayak saya, yang cupu banget soal makanan di luar rumah, itu adalah hal paling menyebalkan dan miris, selain ngabisin waktu di ruang tunggu meja tempat makan, mencari dan memilih menu yang rasanya sukanya pas-pasan di lidah itu dirasa merugikan.

Mirisnya, kenapa banyak banget tempat makan yang lebih mengedepankan menu unik tapi hambar, atau makanan yang sebenarnya gak sehat, tapi masyarakat doyan banget manjain lidah ketimbang ngurusin urusan perut dan tubuh yang sakit setelah memakannya

3. Malam
Saya gak suka keluyuran malam. Apalagi sendirian. Malam diluar itu sunyi, kalaupun mendapati banyak lampu-lampu dijalan, kalau sendirian banget itu serem men.. dan pulang malam dimarahin emak :v dicariin adek, ditungguin babeh :v

4. Ketika Bukber jadi ajang reuni 
Kalau bukber jadi ajang reuni, yang sekarang jauh trus ketemu, pasti melihat perbedaan. Secara gak langsung sifat manusia itu antara mau pamer perubahan sama mau reunian beda tipis :"' Kadang ya, pas ketemu temen lama yang udah pisah itu, keliatan banget bedanya dia atau diri sendiri. Diri sendiri ya masih sama-sama aja, cuma bedanya di pakaian. Gak mungkin kan masih pakai baju jaman masih bareng-bareng hahah, nah mereka, mungkin ada yang makin kurus, makin gendut, makin stylish, makin cantik, dan makin pinter dandan cem tante-tante *eh

Kemarin 2 bukber itu, berasa terbagi jadi 2 kubu. Bukber part 1, kubu profesi guru dan kubu profesi wirausaha + 1 pengangguran yang belum dapet kerja tapi pinginnya kerja kantoran. Obrolan mereka seputar kelas, perpisahan, anak-anak. Kalau yang satu lagi, bisik-bisik aja, dan kita selalu ditanya : "Lu gamau ngajar disini? bla bla bla.." cukuplah. Cukuplah daku menjalani hidup yang kupilih, yang penting daku ga nunggu gajian dan ga ngabisin gajian di weekend yang kalian cuma libur di weekend aja wkwkwk

Bukber part 2, terbagi jadi kubu, mba-mba pekerja dan mba-mba stay at home yang kepingin nikah aja. Iya, bener deh, yang ini 2 kubu yang bertolak belakang banget. Kita berdua pingin jadi ibu rumah tangga yang professional, bedanya dia udah ada calon, gue calonnya mungkin masih nyari-nyari jalan buat nyampe rumah (hati)ku :v dan dua lagi, adalah tipe wanita karir yang mempertahankan karirnya dan bergaya sangat stylish yang terlihat sekali tante-tantenya :v Dan pertanyaan : "Kamu gak mau ngajar" itu terulang lagi.

Jadi, kerasa banget prinsip hidup masing-masing itu berbeda. dan anggapan sukses masing-masing orang juga berbeda, masing-masing kebahagiaan keluarga juga berbeda, target hidup pun juga berbeda. Gak semua perkataan yang bijak ala berpendidikan berbanding lurus sama bijaksananya menanggapi sikap orang lain terhadap jalan yang dipilih.

eit, satu lagi, mungkin akan berasa kalau bukber yang datang adalah mantan :v yes, kalau mantan dateng sama pacarnya atau sama istrinya. Itu gimana ya, kenangan masa lalunya ~~ 

4. Ngabisin duit
Buat orang yang gak suka jajan, dan udah hijrah ke makanan sehat, kerasa banget deh borosnya beli makanan. Yang makanan di luaran banyak menyedap, pengawet, pewarna dan gak sehat.

Selain itu, sering ada rasa menyesal dan bersalah dengan makanan yang sudah masuk ke perut dan harganya selangit. Cuma makanan doang :( keluar-keluar juga nanti jadi kotoran hiks /plak

Padahal diluaran sana, masih banyak orang yang mau makan pakek nasi + sayur atau +lauk aja susah banget, ini malah boros-boros beli makanan banyak, yang ujung-ujungnya jadi lemak dan keluar lagi ~.~

5. Dapat cerita
 yang namanya udah lama gak ketemu, terutama teman SMA, yang sejak lulus pada berubah haluan kesana-sini, dan rasanya semua temen SMA yang deket dan bisa meet up mereka semua gak menekuni bidang yang sejenis ketika di SMA, kecuali saya (tanpa label resmi tentunya)

Ada yang pacarnya ganti, ada juga yang gak pernah lagi cerita cinta-cintaan, ada yang cerita tentang pekerjaannya sekarang, tempat tinggalnya sekarang, pada udah bisa naik motor kesana-sini, ada yang akhirnya mencoba jadi wirausaha juga.

Kalau temen-temen yang baru lulus, ceritanya tentang lowongan pekerjaan, ngelamar pekerjaan, cerita dia udah move on dari mantan, rencana pingin jalan-jalan bareng, tapi belum ada cerita gimana rasanya dilamar *uhuk*

yak yak, begitulah warna-warni bukber Ramadhanku tahun ini, yang memang memutuskan banyakin waktu dirumah, kalau keluar kendaraan dimana-mana, manusia yang bringas belanja sana-sini ngabisin duit-kerja keras-trus diabisin lagi banyak banget cuy.

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM @ALYANAYLA